Jumat 21 Nov 2014 06:14 WIB

Atlet Indonesia Butuh Perhatian Pemerintah

Rita Subowo
Foto: antara
Rita Subowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga kini, Indonesia sudah meraih empat emas, dua perunggu dan delapan perak dalam Asian Beach Games 2014, Pukhet, Thailand. Satlak Prima masih optimistis raihan emas Indonesia akan terus bertambah dengan target tujuh emas.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo mengatakan, atlet Indonesia sudah berjuang keras untuk meraih emas di Asian Beach Games 2014.

''Kita sudah berusaha sekali, seperti jetski meraih dua emas. Woodball juga mendapat emas dengan mengalahkan Cina dan Thailand. Itu sangat luar biasa buat kami,'' kata dia.

Ia menyontohkan atlet panjat tebing Indonesia, Aspar Jaelolo, berhasil meraih emas dengan lawan yang berada di atas mereka seperti Kazakhstan. Sementara, panjat tebing beregu kecepatan putri juga seharusnya meraih emas. ''Karena hanya kalah panjang jarinya. Beda 0,001 saja Loh,'' kata Rita.

Rita menganggap perlu adanya evaluasi. Pemerintah dinilainya perlu memerhatikan perkembangan para atletnya.

Menurut Rita, masih ada sejumlah atlet yang berlatih sendiri seperti atlet Jetski. Mereka berlatih dengan usaha sendiri termasuk untuk kejuaaran dunia. Kemudian ketika Asian Beach Games dimulai, para atlet tersebut dipanggil.

Rita melanjutkan, mereka ikut membela negara dengan persiapan yang telah mereka lakukan sendiri. ''Seharusnya mereka itu dimonitor dan pemerintah membantu mereka,'' ujarnya.

Pemerintah harus fokus memantau perkembangan para atlet tersebut. Karena, bagi Rita, atlet jetski atau beberapa atlet yang lain sudah masuk perhitungan dunia. Potensi para atlet tersebut sangat luar biasa.

''Hanya saja kita belum bisa mengarahkan mereka untuk ikut kompetisi kompetisi di luar. Saya berharap ABG harus diperjuangkan selanjutnya,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement