Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Protes SeaWorld, Aktivis PETA Ancam Demo Tanpa Busana

Kamis 20 Nov 2014 12:17 WIB

Red: Hazliansyah

Salah satu kendaraan peserta pawai 'Macy Thanksgiving Day'

Salah satu kendaraan peserta pawai 'Macy Thanksgiving Day'

Foto: AP Photo

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kelompok penyayang binatang (PETA) akan melancarkan protes keras dalam parade perayaan "Thanksgiving" Macy, 27 November mendatang. 

Aktivis mengancam akan menanggalkan busana dan mengecat tubuh mereka dengan warna putih dan hitam, menyerupai paus orca. Selanjutnya mereka masuk dalam bak mandi di luar pertokoan di Manhattan. Protes akan dilakukan dalam suhu udara yang diperkirakan berada sedikit di atas titik beku. 

Hal ini sebagai bentuk protes PETA terhadap rencana SeaWorld yang akan menyertakan kendaraan terapung dalam pawai. Kendaraan tersebut akan menampilkan visualisasi sejumlah hewan koleksi seaworld, salah satunya paus orca. 

Ini adalah kali kedua PETA melancarkan protes. Tahun lalu di ajang yang sama, PETA mengecam kendaraan terapung SeaWorld yang menampilkan lumba-lumba, kura-kura dan paus orca. 

Protes yang dilayangkan PETA merupakan respons terhadap film dokumenter 'Blackfish' yang dirilis tahun 2013 silam. Film yang disutradarai Gabriela Cowperthwaite itu menceritakan paus orca milik SeaWorld bernama Tillikum yang menyebabkan tiga orang pelatihnya meninggal dunia. Kejadian tersebut lantas ditutup-tutupi. 

Film ini dengan detail menunjukkan bagaimana pertama kali Tillikum ditangkap pada tahun 1983 hingga akhirnya menjadi idola di di SeaWorld Orlando, Florida. 

Film ini juga menampilkan fakta bagaimana para orca kecil ditangkap dan dipisahkan dari ibunya. Tidak henti disitu, juga ditampilkan bagaimana para orca dilatih dengan keras, lengkap dengan hukuman tidak diberi makan jika susah dilatih, hingga bagaimana mereka 'dipaksa' tinggal di satu kontainer kecil sepanjang malam. 

"Sangat tidak bisa diterima menempatkan orca di dalam tanki yang bagi mereka seperti ukuran bak mandi," kata Delcianna Winders kata deputi dewan penasehat PETA.

Sementara juru bicara SeaWorld, Fred Lacobs mengatakan tidak akan menghentikan rencana tersebut. Menurutnya kendaraan terapung merupakan bagian dari "Gelombang Konservasi". 

"Seluruh satwa kami dipelihara dengan baik dan kesehatan serta keselamatan satwa diurus dengan penuh tanggung jawab. Kami sangat bangga atas standar perawatan kelas-dunia yang kami terapkan," kata dia.

Pawai Macy yang tahun ini memasuki tahun ke-88 adalah pawai terkenal di New York dan diperkirakan disaksikan oleh 50 juta pemirsa televisi, serta 3,5 juta penonton langsung yang akan menikmati arak-arakan 27 kendaraan terapung serta 16 balon raksasa.

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA