Rabu 19 Nov 2014 12:19 WIB

Hah, Junk Food Sebabkan Pikun?

Rep: Satya Festiani/ Red: Winda Destiana Putri
Junk Food
Junk Food

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian menyebutkan terlalu banyak makan makanan sampah atau junk food dapat membuat kerusakan pada ingatan.

Junk food seperti kentang goreng, pastry, kue yang tinggi kadar lemaknya, serta makanan cepat saji memiliki dampak yang besar terhadap otak.

Kandungan lemak trans yang terdapat dalam makanan-makanan tersebut juga dipercaya dapat menimbulkan penyakit seperti diabetes, kanker, gagal jantung dan demensia.

Studi tersebut memperlihatkan bahwa pria muda hingga dewasa yang terdampak paling buruk. Kepala Peneliti dari Universitas California Beatrice Golomb mengatakan, lemak trans berkaitan erat dengan kerusakan ingatan pada pria muda dan dewasa yang tengah bekerja.

"Mengkonsumsi lemak trans mengakibatkan kenaikan berat badan, sakit jantung dan lebih agresif," ujarnya seperti yang dikutip dari Express, Rabu (19/11).

Penelitian yang dilakukan di American Heart Association di Chicago tersebut mengambil responden dari pria dan wanita berumur di atas 20 tahun yang tidak mengalami sakit jantung dan belum menopause.

Setelah menghitung banyaknya lemak trans yang mereka makan, mereka diberikan test ingatan. Hasilnya menunjukan bahwa pria di bawah 45 tahun yang memakan banyak lemak trans mengalami ingatan paling buruk. Orang yang memakan paling banyak lemak trans, ingatannya 10 persen lebih rendah daripada orang yang memakan paling sedikit lemak trans.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement