Ahad 16 Nov 2014 17:49 WIB

Kalahkan Lin Dan, Pebulu Tangkis India Ini Cetak Sejarah

Rep: c12/ Red: Israr Itah
Kidambi Srikanth
Foto: Facebook Indian Badminton League
Kidambi Srikanth

REPUBLIKA.CO.ID, FUZHOU-- Pebulu tangkis asal India Kidambi Srikanth mencetak sejarah dibulu tangkis dunia. Srikanth menjadi atlet India pertama yang memenangkan gelar juara Super Series Premier sejak turnamen ini dimulai pada 2007.

Tak tanggung-tanggung, Srikanth menorehkan sejarah di Cina Terbuka Super Series Premier 2014 dengan menaklukkan dua kali peraih emas Olimpiade Lin Dan. Seperti dikutip India Times, Srikanth butuh waktu 46 menit untuk menaklukkan 'Super Dan' di Haixia Olympic Sport Center, Fuzhou, Cina, Ahad (16/11) dengan skor 21-19 dan 21-17.

Sejak 2003, gelar juara tunggal putra Cina Terbuka selalu berhasil direbut pebulu tangkis tuan rumah. Srikanth mematahkan rekor yang sudah berlangsung selama satu dekade itu. Cina Terbuka tahun ini menyediakan hadiah total Rp 8,5 miliar.

Prestasi Srikanth sebelumnya tak terlalu mentereng. Pemain berperingkat 16 dunia ini hanya menyabet gelar juara Thailand Terbuka Grand Pix Gold 2013. Ia juga menjadi runner up pada India Terbuka Grand Pix Gold 2014 di Lucknow.

Sementara lawannya adalah pemain yang dianggap terbaik di dunia saat ini. Ranking 14 dunia tak menggambarkan kapasitas Lin Dan sebenarnya. Sebab ia memang jarang turun mengikuti turnamen sehingga tak banyak mengumpulkan poin. Namun saat turun berlaga, hampir pasti gelar juara akan jatuh ke tangan atlet berusia 31 tahun ini.

Prestasi India makin lengkap karena berhasil mengawinkan gelar juara tunggal putra dan putri. Saina Nehwal yang sebelumnya menyingkirkan tiga pebulu tangkis tuan rumah, membungkam atlet Jepang berusia 17 tahun, Akane Yamaguchi dengan skor 21-12 dan 22-20.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement