Sabtu 15 Nov 2014 07:41 WIB

Sirkuit Yas Marinas, Sirkuit Tikungan Sempit

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Didi Purwadi
Balapan Formula Satu.
Foto: AP/The Canadian Press/Ryan Remiorz
Balapan Formula Satu.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Sirkuit Yas Marinas, Grand Prix Abu Dhabi, akan menjadi lokasi penentuan juara dunia antara pebalap Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. FIA pun telah memustuskan pemenang akan mendapatkan nilai dobel dan membuat pertarungan keduanya makin seru.

Sirkuit yang terletak tidak jauh dari Abu Dhabi ini merupakan hasil desain arsitek Hermann Tilke. Banyaknya tikungan sempit dan patah menjadikan sirkuit ini sebagai sirkuit teknik. Ada 21 tikungan dengan panjang lintasan 5.554 meter.

FIA yang memantau sirkuit ini kagum dengan gaya lintasannya yang mirip dengan sirkuit Monaco. Sirkuit ini dibangun dengan arsitektur modern dan lulus inspeksi FIA pada 2009.

Penonton akan disuguhkan dengan momen spektakuler ketika para pebalap memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi melewati tikungan sempit. Terlebih, pebalap harus mengupayakan keseimbangan untuk tidak menekan rem terlalu dalam.

Yang mengerikan ialah sebelum memasuki tikungan kedepalan. Para pebalap akan dihadapkan dengan trek panjang, dan tentu akan memacu dengan kecepatan tinggi. Tapi, secara tiba-tiba pebalap harus melakukan hard braking untuk bisa belok di tikungan patah.

Kemudian para pebalap dihadapkan kembali dengan trek lurus, sementara, tikungan kesebelas yang curam sudah menanti.

Data Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi

Nama sirkuit: Yas Marina Circuit

Dibuka: 2009

Mulai digunakan: 2009

Jumlah lap: 55

Panjang sirkuit: 5.554 meter

Jumlah tikungan: 21

Panjang jarak selama balapan : 305.361 km 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement