Jumat 14 Nov 2014 18:19 WIB

Satu Juta Warga AS Alami Infeksi Mata, Ada Apa?

Mengenakan kaca mata hitam membantu mencegah penuaan.
Foto: shutterstock
Mengenakan kaca mata hitam membantu mencegah penuaan.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Hampir satu juta orang Amerika mengunjungi doktor setiap tahunnya karena infeksi mata, yang sering kali berhubungan dengan pemakaian lensa kontak, menurut laporan baru-baru ini.

Pada 2010, jumlah orang yang mengunjungi doktor 930 ribu ditambah 58 ribu orang mengunjungi gawat darurat di Amerika Serikat karena microbial keratitis, menurut laporan Pusat Kontrol Kesehatan dan Pencegahan (CDC).


Microbial keratitis adalah infeksi dari bagian luar mata transparan yang disebabkan oleh bakteria, jamur, amoeba atau virus.

Faktor risiko terbesar karena microbial keratitis adalah pemakaian lensa kontrak yang tidak benar, contohnya, memakai lensa semalaman, tidak menjaga kebersihan tempat kontak lensa atau tidak mengganti tempatnya, akta CDC.

Lebih dari tiga perempat (76,5 persen) dari kunjungan itu, orang itu diberikan resep antibiotik. Para peneliti memperkirakan kunjungan untuk infeksi mata itu menghasilkan 175 juga dollar per tahun.

Keratitis bisa menyebabkan sakit mata, mata merah, penglihatan kabur dan bahkan kebutuaan pada beberapa kasus.  Pada Juli lalu, seorang wanita di Taiwan dikabarkan buta karena dia memakai lensa kontak selama enam bulan dan menimbulkan infeksi karena amoeba.

"Lensa kontak memberi banyak keuntungan, tetapi tidak bebas risiko, terutama jika pengguna lensa kontak mengambil jalan pintas dan tidak peduli lensa kontak mereka," kata Dr. Jennifer Cope, seorang epidemiologis medis CDC.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement