Rabu 12 Nov 2014 14:30 WIB

Ini 10 Kesalahan Umum Kaum Hawa di Tempat Fitness (I)

Rep: Satya Festiani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Tempat fitnes
Foto: ploomy.com
Tempat fitnes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Beberapa riset menunjukan mulai banyak perempuan yang berolahraga di gym. Namun, ternyata mereka banyak melakukan kesalahan-kesalahan umum. Pendiri Bodybuilding Warehouse Kieran Fisher menjelaskan bahwa terdapat 10 kesalahan umum yang biasa dilakukan perempuan di tempat gym.

Hal pertama adalah kesetanan melakukan cardio. Kebiasaan berlari terlalu di treadmill demi membakar lemak dan menurunkan berat badan ternyata tidak baik. Fisher mengatakan, cardio yang terlalu lama akan membakar otot dan memperburuk metabolisme tubuh.

Hal kedua adalah rutinitas. Banyak perempuan yang sering mengulang-ulang latihan yang ia sukai. “Melakukan latihan yang sama secara rutin akan membuat hasilnya stagnan,” ujarnya seperti yang dikutip dari Female First, Rabu (12/11). Jalan keluarnya adalah dengan mengganti latihan, misal dari push-up menjadi ‘plank position’.

Ketiga adalah terlalu percaya pada mesin. Banyak orang yang percaya dengan jumlah kalori terbakar yang dihitung oleh mesin cardio . Padalah, setiap orang memiliki cara pembakaran kalori yang berbeda-beda. “Sebuah mesin tidak akan dapat menghitung dengan tepat,” ujarnya.

Poin keempat adalah ketidaksabaran. Fisher mengatakan, konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan tubuh impian. Tubuh indah tak terbentuk dalam semalam. Ia mengatakan, dengan konsistensi dan latihan yang tepat, tubuh dapat terbentuk dalam waktu empat hingga delapan minggu.

Hal kelima adalah makan berlebihan setelah latihan. Orang-orang mengira mereka pantas makan banyak setelah berlatih keras. Fisher mengatakan, yang tepat adalah memakan makanan yang tepat. Misalnya bagi mereka yang ingin membentuk otot, memakan protein tinggi adalah tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement