Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Amerika Ingin Jadi Mitra Perubahan Jokowi

Senin 10 Nov 2014 15:29 WIB

Red: Erdy Nasrul

Obama

Obama

Foto: Reuters/Larry Downing

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan bahwa Washington ingin menjadi mitra dalam proses pembaharuan yang diusung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya tahu bahwa Presiden Joko Widodo memiliki agenda dan beramibisi tentang pembaharuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan Amerika Serikat ingin menjadi mitra dalam proses pembaharuan itu," kata Obama di Beijing, Senin.

Menurut Obama, melalui kemitraan komprehensif kedua negara telah menjalin suatu kemitraan yang luar biasa dalam berbagai hal, baik ekonomi, keamanan dan pembangunan.

Sementara itu Presiden Jokowi pada kesempatan tersebut mengapresiasi kehadiran utusan presiden Amerika Serikat, Menlu John Kerry, dalam acara pelantikannya.

Presiden juga menyampaikan bahwa kedua negara hendaknya terus meningkatkan kerja sama di masa mendatang terutama di bidang keamanan untuk meningkatkan stabilitas kawasan.

Kedua kepala negara itu melakukan pertemuan bilateral di sela-sela pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing, yang mempertemukan pemimpin ekonomi dari 21 anggotanya.

Di hari ketiga kunjungan kerjanya ke Beijing, Presiden melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, PM Tiongkok Li Keqiang, PM Jepang Shinzo Abe, Presiden AS Barack Obama, Presiden Vietnam Truong Tan Sang dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA