Kamis 06 Nov 2014 14:00 WIB

Final ISL di Jakabaring

Red:

PALEMBANG -- Dua tim terbaik Liga Super Indonesia (LSI) 2014 telah diketahui. Persipura Jayapura dan Persib Bandung menjadi tim yang akan memperebutkan mahkota juara kompetisi strata tertinggi di Tanah Air ini.

Persipura Jayapura lolos ke final setelah menjungkalkan Pelita Bandung Raya (PBR) dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Selasa (4/11). Sedangkan, Persib melaju ke final usai menaklukkan Arema dengan skor 3-1 setelah melewati babak perpanjangan waktu. Laga final nanti akan digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Jumat (7/11). "Setelah melakukan koordinasi terakhir dengan kepolisian dan melihat waktu yang terlalu singkat menuju final, kita akhirnya menetapkan laga final digelar di Palembang," kata CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono, dilansir situs resmi ISL, Rabu (5/11).

Lebih lanjut Joko menyebutkan, walau tidak digelar di Jakarta, final ini akan menghadirkan laga yang besar dan prestisius. "Kita melihat ini akan menjadi laga final yang hebat karena mempertemukan dua tim yang luar biasa. Selamat kepada Persipura dan Persib yang akan tampil di final," ujar Joko menambahkan.

Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Faisal Mursyid membenarkan penetapan Stadion Jakabaring sebagai venue partai final ISL 2014. "Penetapan Stadion Gelora Sriwijaya sebagai tempat pertandingan babak final ISL 2014 antara Persib melawan Persipura sudah ditetapkan PT Liga Indonesia melalui surat nomor 1575/ Liga/ XI/ 2014 yang ditandatangani CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono. Surat sudah diterima manajemen Sriwijaya FC," kata Faisal, Rabu (5/11).

Menurut Faisal, melalui surat pertamanya PT Liga Indonesia No. 1567/ Liga/ X/ 2014 hanya meminta Stadion Gelora Sriwijaya sebagai tempat pertandingan semifinal. "Mereka tidak menyebutkan partai final akan dilaksanakan juga di Palembang. Baru pada surat kedua yang sudah kami terima, PT Liga Indonesia menetapkan Gelora Sriwijaya sebagai tempat pertandingan final. Tugas kami selanjutnya mempersiapkan panitia pelaksana," ujarnya.

Faisal juga menjelaskan, untuk pertandingan semifinal, panitia pelaksana (panpel) pertandingan sudah berkoordinasi dengan kepolisian dari Polresta Palembang dan Polda Sumatra Selatan (Sumsel). "Untuk mengantisipasi pertandingan final yang kami perkirakan jumlah suporter dan penonton akan lebih banyak lagi dibandingkan pertandingan semifinal semalam, panpel akan kembali berkoordinasi dengan kepolisian," katanya.

Laga semifinal dan final LSI 2014 awalnya oleh PT Liga Indonesia akan dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Namun, karena izin pemakaian stadion tersebut tak kunjung terbit dari Mabes Polri, pertandingan babak semifinal pun dipindahkan ke Jakabaring, Palembang.

Untuk mengamankan pertandingan final di Jakabaring, anggota Polda Sumsel akan melakukan pengamanan seperti pada pertandingan semifinal. Sebelumnya, pada pertandingan semifinal, polisi sudah mengumpulkan lebih dulu suporter empat tim yang bertanding guna meredam bentrok antarsuporter. Di kompleks Jakabaring Sport City, anggota polisi juga melakukan pemeriksaan terhadap para suporter. Hasilnya, pertandingan pun berjalan aman.

ed: fernan rahadi

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement