Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Mahasiswa Pascasarjana Kampus Ini Dilatih Menulis Tesis dan Disertasi

Rabu 05 Nov 2014 16:40 WIB

Red: Taufik Rachman

IAIN AR Raniry

IAIN AR Raniry

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAACEH--Sejumlah mahasiswa pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mendapat pelatihan metode penulisan karya ilmiah dalam upaya mengatasi kesulitan-kesulitan dalam menulis tesis dan disertasi.

Direktur Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry Rusydi Ali Muhammad di Banda Aceh, Rabu, mengatakan selama ini masih banyak calon master dan doktor UIN terkendala dalam teknik penulisan karya ilmiah.

"Saya menyambut baik kegiatan ini, karena dapat membantu program pascasarjana sehingga dapat mempercepat lulusan, selama ini banyak kendala dalam penulisan karya ilmiah, termasuk di program S3," katanya menambahkan.

Kedepan diharapkan penulisan tesis dan disertasi itu lebih cepat diselesaikan. Program S3 hanya dua tahun yang seharusnya tahun ke dua sudah dapat diajukan judul disertasi. Namun yang terjadi di lapangan jauh dari harapan.

"Artinya masih banyak yang tidak dapat menyelesaikan studinya dua tahun. Itu disebabkan oleh kemampuan menulis karya ilmiah, pelatihan ini sangat membantu bagi mahasiswa untuk belajar metode penulisan yang baik dan benar," katanya menjelaskan.

Diharapkan mereka terbantu untuk mengatasi kesulitan-kesuliatan dalam menulis tesis dan disertasi yang mereka alami selama ini, serta dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu.

Sementara itu, Direktur Pusat Studi Agama dan Filsafat (PSAF) Husna Amin mengatakan pihaknya berinisiatif melaksanakan pelatihan menulis tesis dan disertasi bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry untuk melatih mereka di kampus agar dapat menulis karya ilmiah dengan baik dan sempurna.

"Diharapkan mahasiswa pascasarjana memahami bagaimana menulis karya ilmiah, tidah hanya untuk sebagai syarat selesai kuliah, namun juga dapat menghasilkan karya yang dapat dipublikasikan untuk banyak orang," katanya menambahkan.

Disebutkan, pelatihan diikuti sebanyak 30 peserta teridiri dari mahasiswa pascasarjana UIN dan juga beberapa dari kampus luar Aceh. Pelatihan dipandu oleh dua fasilitator yakni Eka Srimulyani, MA, Ph.D dan Sehat Ichsan Sadiqin, M.Ag.

Materi yang disampaikan antara lain berkaitan dengan karya ilmiah akademik, tesis, disertasi, publikasi artikel, jurnal, membuat abstrak dan bagaimana mempublikasi, selain juga diperdalam dengan diskusi.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA