Senin 03 Nov 2014 09:19 WIB

Sekolah Ambruk Puluhan Siswa Belajar di Tenda Darurat

Sekolah Ambruk (ilustrasi)
Foto: antara
Sekolah Ambruk (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR--Puluhan siswa SDN Karyamukti di Kampung Panyandungan, Desa Girimukti, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jabar, sejak dua pekan terakhir terpaksa menjalani proses belajar mengajar di dalam tenda darurat karena ruang kelas yang biasa mereka tempat ambruk diduga akibat pembangunan asal-asalan.

Kepala SDN Karyamukti, Yusuf, di Cianjur, Senin, mengatakan sudah hampir dua pekan 70 orang siswa kelas V SDN Karyamukti belajar di tenda darurat karena pihak sekolah tidak mempunyai biaya untuk memperbaiki ruang kelas yang ambruk dan tidak memiliki tempat pengungsian agar siswa dapat belajar di dalam ruangan seperti biasa.

"Minimnya dana yang kami miliki, hanya bisa membangun tenda darurat untuk ruang kelas sementara sambil menunggu bantuan karena proses belajar mengajar siswa tidak bisa dipindahkan ke ruangan lain yang sudah penuh. Ditambah kami tidak memiliki ruangan kelas lain yang bisa digunakan," katanya.

Saat ini, pihaknya khawatir jika tenda darurat akan ambruk dan bocor, mengingat curah hujan mulai tinggi disertai angin kencang. Sehingga pihaknya berharap agar Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur, segera memberikan bantuan untuk memperbaiki ruang kelas yang ambruk tersebut.

"Kasihan kalau anak-anak belajar berdesakan di tenda darurat. Belum lagi sekarang musim hujan dikhawatirkan tenda bocor dan kembali ambruk. Semoga saja bantuan tidak lama, agar anak-anak dan guru dapat menjalankan tugasnya dengan tenang dan aman," katanya.

Dia menambahkan, ruangan kelas SDN Karyamukti ambruk pada 16 Oktober, ketika ratusan siswa sedang berada luar kelas karena jam istirahat. Sehingga tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Kejadian tersebut diduga akibat pergerakan tanah yang kerap terjadi di wilayah tersebut, ditambah pembangunan yang tidak sesuai.

Sementara itu, Pusbindik Campaka, Hery Bangbang Muryono, menyebutkan, telah meminta kepala SDN Karyamukti segera melaporkan peristiwa tersebut pada kepala desa, kecamatan, dilanjutkan ke Disdik Cianjur.

"Kami sangat menyesalkan atas kejadian itu karena bangunan sekolah tersebut tergolong masih baru. Diduga pekerjaan bangunan asal-asalan sehingga cepat ambruk," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement