Senin 27 Oct 2014 13:07 WIB

DPD Gandeng Lemhannas Beri Pembekalan Wawasan Kebangsaan

Rep: niken paramita/ Red: Taufik Rachman
Ketua DPD RI, Irman Gusman
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Ketua DPD RI, Irman Gusman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menggandeng Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) menggelar pembekalan Wawasan Kebangsaan bagi Anggota DPD RI terpilih periode 2014-2019. Sebanyak 113 dari 130 anggota mengikuti pelatihan yang digelar selama seminggu.

Gubernur Lemhannas Budi Susilo Soepandji mengungkapkan ini merupakan kali pertama terselanggaranya pelatihan DPD bersama Lemhannas setelah sebelumnya anggota DPR terpilih juga melakukan hal yang sama.

"Bukan hal mudah bagi anggota DPD mengembangkan tugas sebagai wakil rakyat di tengah keterbukaan informasi. Karena itu dibutuhkan sikap dan cakrawala pandang yang luas agar tidak terjebak konflik kepentingan," ujar Susilo disela pembukaan pembekalan Wawasan Kebangsaan bagi Anggota DPD RI terpilih periode 2014-2019 di kantor Lemhannas di Jakarta, Senin (27/10).

Ketua DPD Irman Gusman menambahkan kerja sama ini rencananya akan menjadi agenda jangka panjang DPD bersama Lemhannas. Melalui pelatihan ini Irman berharap anggotanya tidak hanya sekedar ahli di daerahnya tapi juga memiliki wawasan kebangsaan nasional yang luas.

"Ada yang lebih tinggi dari sekedar daerah tapi bagaimana menjaga keutuhan NKRI, bhineka tunggal ika, memaknai UUD dan mengamati Pancasila. Bagaimana mengimplementasikannya tentu perlu diberikan pemahamam," kata Irman menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement