Sabtu 25 Oct 2014 03:00 WIB

Ini Pengakuan Lee Chong Wei Terkait Dugaan Doping

Pebulu tangkis nomor satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei.
Foto: EPA
Pebulu tangkis nomor satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR-- Pemain bulu tangkis nomor 1 dunia dari Malaysia, Lee Chong Wei dikabarkan gagal dalam tes doping saat Kejuaraan Dunia BWF World Championship 2014 di Kopenhagen, Denmark beberapa waktu lalu. Ia membantah menggunakan obat apapun dan kemungkinan menjadi korban keadaan.

"Dia (Lee) mengatakan bahwa dia tidak menggunakan obat apapun selama Kejuaraan Dunia dan maka itu ia tidak mengisi formulir aplikasi obat-obatan tertentu (TUE)," kata sumber seperti dikutip New Straits Time, Jumat (24/10).

Menurutnya, Lee hanya menjalani satu-satunya pengobatan   adalah pada bulan Juli, di mana ia disuntik dengan sel induk untuk cedera otot nya. Saat itu ia sedang menjalani perawatan di sebuah pusat olahraga medis setempat.

Lee mencurigai bahwa beberapa bahan lainnya telah dicampur dengan sel induk yang dengan sendirinya adalah anti-inflamasi dan tidak mengandung steroid. "Dia merasa bahwa sesuatu yang mungkin telah dicampur, dan itu benar-benar sedih, karena ia tidak menyadari hal itu," tambah sumber itu.

Upaya untuk menghubungi Lee pun terbukti sia-sia, dan dapat dipahami bahwa dia sekarang sedang liburan di luar negeri. Sementara itu Kementerian Olahraga dan Institut Olahraga Nasional belum mengumumkan nama atlet yang terlibat dalam kasus doping, dan hanya akan melakukannya setelah hasil tes sampel B keluar.

Sampel A Lee diambil saat Kejuaraan Dunia di Kopenhagen dan telah dikirim ke laboratorium di Oslo, Norwegia. Lee mengajukan uji sampel B setelah sampel A dinyatakan positif doping. Sampel B diteliti di tempat yang sama dengan sampel A dites.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement