Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Minyak Ini Paling Sehat Untuk Menggoreng Makanan

Kamis 23 Oct 2014 09:00 WIB

Red: Indira Rezkisari

Minyak zaitun

Minyak zaitun

Foto: ,

REPUBLIKA.CO.ID, Para ilmuwan dalam  ACS Journal of Agricultural and Food Chemistry melaporkan, minyak zaitun yang digunakan untuk menggoreng, menghasilkan makanan yang lebih menyehatkan dibandingkan minyak dari biji-bijian.

Menurut mereka, temuan ini bisa dijadikan pertimbangan untuk menggunakan minyak zaitun sebagai minyak untuk menggoreng.

Mohamed Bouaziz dan koleganya mencatat, minyak memiliki fisik, bahan kimia dan sifat gizi berbeda, yang apabila dipanaskan akan menurunkan kualitas minyak itu sendiri.

Kemudian, beberapa perubahan pada minyak saat dipanaskan dapat menyebabkan pembentukan senyawa baru yang berpotensi beracun. Di samping itu, minyak panas juga dapat menurunkan nilai gizi makanan yang digoreng.

Dalam sebuah percobaan, Bouaziz dan timnya ingin mengetahui apakah minyak goreng dapat mempertahankan kualitasnya di bawah panas tinggi dan penggunaan berulang.

Mereka mencoba untuk menggoreng beberapa potongan kentang dalam empat minyak olahan yang berbeda, yakni minyak zaitun, minyak yang terbuat dari jagung, minyak kedelai dan minyak dari bunga matahari. Para ilmuwan terus menggunakan keempat minyak ini sebanyak 10 kali.

Dari percobaan ini mereka menemukan, minyak zaitun paling stabil untuk menggoreng, pada suhu 160 dan 190 derajat Celcius. Sementara minyak bunga matahari terdegradasi pada suhu 180 derajat Celcius.

Para ilmuwan pun menyimpulkan, untuk menggoreng makanan, minyak zaitun mampu mempertahankan kualitas dan gizi yang lebih baik daripada minyak yang terbuat dari biji-bijian.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA