Jumat 17 Oct 2014 20:52 WIB

Benarkah Individu Kidal Seorang yang Jenius?

Rep: c70/ Red: Agung Sasongko
Barack Obama adalah seorang bertangan kidal
Foto: Telegraph
Barack Obama adalah seorang bertangan kidal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Seorang kidal merupakan orang yang menggunakan tangan kirinya untuk merawat dirinya, seperti memasak atau melakukan kegiatan lainnya. Namun, dalam beberapa kasus, orang kidal juga menggunakan tangan kanan mereka untuk menulis.

Dilansir dari Boldsky.com pada Jumat (17/10), ada banyak penyebab yang membuat seseorang lebih banyak menggunakan sisi kirinya daripada sisi kanannya. Seperti seorang prajurit yang menggunakan perisai. Mereka menggunakannya di sebelah kiri karena ingin melindungi jantungnya dalam pertempuran.

Menurut salah satu teori, paparan tingginya tingkat testosteron sebelum kelahiran dapat menyebabkan anak menggunakan tangan kiri. Selain itu, stres saat akan melahirkan anak, juga dapat menjadi penyebab lain. Sebuah penelitian menunjukan, ibu yang memiliki uji USG lebih sering dari seharusnya, dapat menyebabkan hal yang sama pada anak.

Jumlah orang kidal memang cukup sedikit dibandingkan dengan orang yang menggunakan tangan kanan. Sejumlah keadaan membuat orang kidal berada dalam posisi yang kurang nyaman. Seperti misalnya saat menggunakan gunting yang didesain untuk orang yang menggunakan tangan kanan.

Banyak penelitian telah dilakukan untuk memahami apakah orang kidal benar-benar seorang jenius sejati.  Benarkan demikian, berikut alasannya:

Memori yang Lebih Baik

Sebuah penelitian menunjukkan, seorang kidal memiliki corpus callosum yang lebih besar. Otak tengah ini, adalah 'jembatan' yang menghubungkan dua belahan otak. Di sini merupakan rute utama komunikasi antara dua belahan otak untuk mengontrol fungsi kognitif dan motorik. Daerah di mana banyak terdapat memori penyimpanan. Masalah mendasar dari jenis memori seperti seseorang yang mungkin lupa di mana meletakan kuncinya, namun saat seperti itu, seorang kidal tetap ingat tanggal berapa Perang Dunia II terjadi.

Kemampuan Matematika

Meskipun ada banyak penelitian yang kontradiktif, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara seorang yang jenius bertangan kidal dengan seseorang yang mempunyai kemampuan matematika tinggi. Keterampilan visual-spasial mereka juga lebih tinggi.

Genius Intelektual

Ada daftar dari seluruh orang-orang terkenal dan intelektual yang bertangan kidal. Seperti, Albert Einstein, Isaac Newton, Marie Curie, Aristoteles, Alan Turing yang semuanya seorang kidal. Meskipun tidak jelas bagaimana para jenius ini berhubungan dengan tangan kidal, namun faktanya semuanya nyata.

Penghasilan

Hal ini juga merupakan fakta aneh, laki-laki lulusan perguruan tinggi yang seorang kidal, mendapatkan pendapatan sekitar 15 persen lebih banyak dari rekan-rekan mereka yang bertangan kanan. Fakta ini terjadi bahkan jika mereka duduk dibangku kuliah yang sama dengan perangkat yang sama pula. Sayangnya, perbedaan pendapatan ini, tidak berlaku untuk wanita bertangan kidal.

Lebih Kreatif

Menurut salah satu teori, otak seorang kidal bekerja dengan cara berbeda. Itulah yang membuat mereka lebih kreatif daripada orang yang menggunakan tangan kanan. Ketika seseorang menggunakan tangan kirinya, berarti saat itu ia menggunakan sisi kanan dari otaknya yang kreatif.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement