Jumat 17 Oct 2014 14:00 WIB

Di Atas 45 Tahun? Berarti Anda Wajib Cek Gula Darah

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Diabetes (ilustrasi)
Foto: AP/Reed Saxon
Diabetes (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda sudah berusia di atas 45 tahun, sebaiknya Anda memeriksakan gula darah Anda untuk mengetahui risiko terkena diabetes tipe-2 atau pradiabetes.

Anggota Preventive Services Task Force Amerika Serikat (AS), Michael Pignone mengatakan bahwa bagi orang dengan gula darah tidak normal, maka mereka harus melakukan perubahan gaya hidup sedari dini.

"Mereka harus makan sehat dan berolah raga lebih sering. Ini bisa membantu menunda timbulnya diabetes tipe-2. Cara terbaik melakukannya adalah dengan memeriksakan gula darah," ujar Pignone, dilansir dari Newsmax Health, Jumat (16/10).

Diabetes dan obesitas menjadi masalah utama rata-rata negara di dunia saat ini. Selama bertahun-tahun tim ahli kesehatan mencoba mengembangkan berbagai pengobatan terkait dua penyakit tersebut dengan mempertimbangkan riwayat keluarga, etnis tertentu, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterolnya.

Jumlah penderita diabetes tipe-2 di AS misalnya meningkat dramatis dalam 15 tahun terakhir. Profesor Kedokteran dari University of Washington di Seattle, Dr William Phillips mengatakan diabetes dan gula darah umumnya terus bertambah seiring bertambahnya usia dan obesitas.

Jadi, sudahkah Anda memeriksakan gula darah Anda?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement