Rabu 15 Oct 2014 17:00 WIB

Kakek Nenek Ternyata Lebih Pintar Pagi Hari

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Pasangan kakek nenek, ilustrasi
Foto: Telegraph
Pasangan kakek nenek, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekelompok peneliti medis dari Rotman Research Institute di Baycrest Health Sciences dan University of Toronto menemukan fakta bahwa para lansia alias kakek dan nenek lebih pintar di pagi hari, dibandingkan sore atau menjelang malam hari. Temuan ini sudah dipublikasikan di Jurnal Psychology and Aging.

"Kelompok usia lanjut ini lebih fokus dan mampu menghindari gangguan dan berkonsentrasi di pagi hari ketimbang sore menjelang malam hari," ujar Kepala Peneliti, John Anderson, dilansir dari Newsmax Health.

Anderson dan timnya mengamati lebih dari 16 orang dewasa muda antara usia 19-30 tahun, kemudian 16 orang lansia usia 60-82 tahun. Mereka melakukan serangkaian tes memori sepanjang pukul 01.00 pagi sampai 17.00 sore hari.

Sementara peserta menyelesaikan pengujiannya, para peneliti mengamati otak mereka dengan pencitraan resonansi magnetik fungsional (FMRI) yang memungkinkan mereka mengamati areal otak mana yang aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang lansia 10 persen bisa lebih fokus dari orang dewasa muda di pagi hari.

Para lansia ini menunjukkan penurunan aktivitas konsentrasi yang signifikan di sore hari dibandingkan dewasa muda. Justru kondisi mereka lebih baik di pagi hari sepanjang pukul 08.30-10.30 setiap harinya.

"Kinerja kognitif mereka meningkat di pagi hari, bahkan tingkatnya sama dengan orang dewasa muda," ujar Anderson.

Mengingat temuan ini, Anderson menyarankan agara para lansia melakukan aktivitas penting mereka di pagi hari. Misalnya berkunjung ke dokter, memasak, membayar pajak, atau kegiatan penting lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement