Sabtu 11 Oct 2014 19:15 WIB

Sirkuit Paling Dibenci

Red: operator

Berada di bagian utara distrik Kanto, the Twin Ring Sirkuit Motegi, Jepang, memiliki dua bagian, yaitu 1,5 mil sirkuit oval dan 2,9 mil sirkuit biasa yang dibangun dengan standar internasional.

Se te lah dibangun pada 1997 serta masuk kalender MotoGP pada 2000, sirkuit ini pun sempat menjadi `'laboratorium'' balapan tim Honda.

Federasi Sepeda Motor Inter nasional (FIM) dan Lembaga Independen Radiasi Nuklir (ARPA) menyatakan, secara resmi Sirkuit Twin Ring Motegi aman untuk menjadi tuan rumah balapan MotoGP pada 2004. Ini setelah Jepang dilanda bencana tsunami dan krisis nuklir.

Berbeda dengan Motorland Aragon atau sirkuit lainnya di MotoGP, Motegi merupakan sirkuit yang dibenci para pembalap, salah satunya the Doctor, Va lentino Rossi, karena sirkuit memiliki banyak tikungan tajam dan hairpin(tikungan diabolikal/putar balik seperti huruf U).

Sirkuit Twin Ring Motegi bisa menjadi atraksi besar para pembalap untuk menunjukkan teknik serta kualitas motornya.

Dengan laju searah jarum jam (clockwise) sirkuit ini menjadi ujian pembalap dengan serangkaian trek lurus yang panjang dan tikungan pelan pada titik tertentu.

Ketika trek lurus yang panjang, pembalap tentu memacu motornya secepat mungkin.Na mun, setelah itu pembalap segera dihadapkan dengan hairpinyang membuat sirider mau tak mau menekan habis tuas remnya. rep:wahyu syahputra, ed: endro yuwanto

SIRKUIT TWIN RING MOTEGI

Panjang: 4,8 km

Lebar: 15 km

Jumlah Tikungan: 14

Tikungan Kanan: 8

Tikungan Kiri: 6

Trek Lurus Terpanjang:762 meter

Lap Tercepat:

1 menit 45,543 ?

Jorge Lorenzo (Yamaha, 2008)

Juara 2013: Jorge Lorenzo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement