Jumat 10 Oct 2014 08:30 WIB

Kebiasaan Harian Ini Bikin Cepat Tua (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Mengenakan kaca mata hitam membantu mencegah penuaan.
Foto: shutterstock
Mengenakan kaca mata hitam membantu mencegah penuaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang ingin terlihat lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya, namun banyak dari kita yang justru terlihat lebih tua dari usia asli kita. Nah, Kepala Medis dari Age Management Institute di New York City, Erika Schwartz memaparkan ada beberapa kebiasaan kecil sehari-hari yang memicu seseorang terlihat cepat tua.

Apa saja itu? Berikut penjelasannya, dilansir dari Newsmax Health, Jumat (10/10).

4. Lupa pakai kacamata di siang terik

Selain mengekspos mata Anda secara langsung dengan sinar ultraviolet, lupa menggunakan kacamata di siang hari bolong bisa mempercepat penuaan. Anda akan menyipitkan mata Anda terlalu sering dan itu akan memperdalam kerutan di area wajah Anda.

5. Pakai earphone terlalu sering

Kebanyakan orang sering mengaitkan gangguan pendengaran dengan penuaan. Tua itu bukan cuma terlihat dari wajah, tapi juga indera tubuh lainnya. Nah, jika Anda terlalu sering menggunakan earphone dengan volume suara keras, atau sering terpapar suara blower, pengering rambut, dan mesin pemotong rumput, maka itu akan merusak pendengaran Anda.

Gunakan penyumbat telinga jika Anda misalnya sedang di area yang super bising. Sebuah studi membuktikan bahwa sering mendengarkan suara keras dalam dua jam setiap hari akan mempercepat rusaknya indera pendengaran Anda.

6. Terlalu sering membungkuk

Duduk yang baik dan lurus itu akan membuat kita terlihat selalu muda. Duduk lurus membuat paru-paru terbuka dan membantu Anda bernapas lebih baik. Ketika tubuh Anda dalam posisi membungkuk, tubuh Anda tidak berfungsi seefisien ketika Anda sedang duduk lurus dan tegak.

Selain itu, duduk membungkuk dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang dan masalah kesehatan lainnya. Ini akan memperburuk penampilan Anda. Dr Schwartz mengatakan jika Anda duduk di depan komputer setiap hari, maka lakukan peregangan beberapa kali setelah 20-25 menit duduk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement