Jumat 10 Oct 2014 08:00 WIB

Kebiasaan Harian Ini Bikin Cepat Tua (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Supaya tidak cepat tua, minum langsung dari gelas ketimbang menggunakan sedotan.
Foto: AP
Supaya tidak cepat tua, minum langsung dari gelas ketimbang menggunakan sedotan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang ingin terlihat lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya, namun banyak dari kita yang justru terlihat lebih tua dari usia asli kita. Nah, Kepala Medis dari Age Management Institute di New York City, Erika Schwartz memaparkan ada beberapa kebiasaan kecil sehari-hari yang memicu seseorang terlihat cepat tua.

Apa saja itu? Berikut penjelasannya, dilansir dari Newsmax Health, Jumat (10/10).

1. Olah raga berlebihan

Olah raga memang aktivitas yang bagus untuk menjaga kesehatan. Namun, para ahli kesehatan menganjurkan berolah raga beberapa jam saja sepekan atau sekali dalam 2-3 hari.

Terlalu banyak berolah raga akan menyebabkan pinggul, lutut, dan pergelangan kaki yang Anda gunakan untuk berlatih menjadi terlalu lelah. Akhirnya, bagian-bagian tersebut misalnya akan cepat mengerut dan berantakan.

2. Minum dengan sedotan

Anda menggunakan otot wajah yang sama ketika merokok dan ketika minum dengan sedotan. Ini menyebabkan wajah Anda cepat mengerut. Minum dari sedotan setiap hari akan menimbulkan garis-garis halus di sekitar mulut Anda. Hindari keriput dini dengan minum langsung dari gelas atau botol minuman Anda.

3. Tidur dengan posisi sama

Beberapa studi menunjukkan bahwa posisi tubuh Anda ketika tidur akan memengaruhi garis dan kerutan di wajah Anda. Tidur dengan setengah wajah menyentuh bantal akan menciptakan gesekan antara sarung bantal dengan kulit Anda. Ini kemudian merangsang kolagen di wajah Anda pecah dan membentuk garis serta keriput.

Ketika Anda tidur di sisi yang sama setiap malam, garis di sekitar mata, hidung, dan mulut Anda akan semakin banyak. Untuk sedikit menguranginya, maka gunakanlah sarung bantal terbuat dari sutra atau satin, atau tidurlah dengan telentang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement