Selasa 07 Oct 2014 16:00 WIB

Timnas U-19 Matangkan Taktik

Red:

JAKARTA – Timnas U-19 masih memiliki waktu tiga hari sebelum melakoni laga perdana Grup B Piala Asia U-19. Pelatih Indra Sjafri akan memanfaatkan waktu yang tersisa ini untuk mematangkan permainan tim.

Timnas U-19 sudah berada di Yangon, Myanmar, sejak Ahad (5/10) petang. Rencananya, Evan Dimas dan kawan-kawan akan menjalani empat kali latihan sebelum menghadapi Uzbekistan pada 10 Oktober.

"Ada empat kali latihan di sini (Myanmar) pada 7-9 Oktober. Latihan berupa pematangan taktik," kata Indra kepada Republika.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Republika/Agung Supriyanto

Pelatih asal Sumatra Barat tersebut enggan memerinci menu latihan seperti apa yang akan dijalani pemain. Namun, saat melakoni pemusatan latihan terakhir di Yogyakarta selama sepekan, Indra mengasah kemampuan pasukan Garuda Jaya dalam memaksimalkan set piece.

Selain itu, Indra juga menyiapkan skema alternatif. Dalam sesi latihan terakhir di Yogyakarta, Indra terlihat menjajal beberapa skema seperti memainkan dua striker ataupun memasang lima gelandang melalui simulasi pertandingan.

Gelandang timnas U-19, Zulfiandi, dipastikan bisa tampil sejak laga perdana pada ajang Piala Asia U-19 nanti. Kondisi Zulfiandi sebelumnya diragukan karena mengalami cedera engkel.

Dokter timnas U-19, Alfan Nur Asyhar, menegaskan, Zulfiandi sudah pulih sepenuhnya dari cedera yang didapat ketika berlaga di turnamen Hassanal Bolkiah Trophy 2014. "Kondisi Zulfiandi tidak ada masalah. Dia bisa bermain penuh," kata Alfan.

Zulfiandi sempat mendapat perawatan dari tim dokter Atletico Madrid B saat melakoni tur Spanyol, September lalu. Sebenarnya, ujar Alfan, kondisi Zulfiandi saat itu sudah membaik dan dinyatakan sudah bisa bermain.

Namun, tim pelatih memutuskan memberi waktu istirahat lebih banyak kepada Zulfiandi sehingga hanya bermain satu kali sebagai pemain pengganti saat menghadapi Real Madrid C.

Ini  tentu menjadi kabar baik bagi timnas U-19. Maklum, Zulfiandi merupakan salah satu gelandang andalan timnas U-19 selain Evan Dimas, Paolo Sitanggang, dan Hargianto.

Australia

Sementara itu, salah satu lawan Indonesia pada penyisihan grup Piala Asia U-19, Australia, kian percaya diri menghadapi turnamen nanti. Bek timnas U-19 Australia Cameron Burgess menilai timnya memiliki peluang terbuka untuk lolos dari Grup B. Sama seperti Indonesia, Australia memasang target menembus semifinal untuk meraih tiket Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru.

Burgess yang berlaga di Divisi Championship bersama Fulham mengaku tidak mengetahui secara mendalam kekuatan Indonesia, Uzbekistan, dan Uni Emirat Arab yang menjadi lawan di fase Grup B. "Yang saya tahu hanya sebatas gaya bermain mereka. Tapi, saya yakin kami punya peluang untuk melangkah lebih jauh," kata Burgess dilansir Four Four Two.

Burgess bukanlah satu-satunya pemain Australia yang kini bermain bersama klub Eropa. Australia juga diperkuat Chris Ikonomidis (Lazio) dan striker Peter Skapetis (Stoke City).

"Saya yakin kami bisa tampil maksimal. Dan saya sudah sangat tidak sabar untuk segera berlaga di turnamen ini," tambah Burgess. rep:satria kartika yudha ed: fernan rahadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement