Selasa 07 Oct 2014 12:58 WIB

Empat Manfaat Kesehatan Madu (1)

Lebah, penghasil madu.
Foto: Reuters
Lebah, penghasil madu.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang menggemari madu karena rasanya. Pemanis alami memang banyak manfaatnya, mulai dari sebagai pengental saus hingga sebagai penyeimbang rasa.

Tak hanya berguna untuk memberi rasa pada makanan, madu juga kaya manfaat. Berikut empat alasan menambahkan madu dalam makanan sehari-hari, seperti dikutip dari Huffington Post.

* Menyembuhkan batuk

Madu terbukti sebagai penyelamat di musim sakit flu. Menurut studi yang terangkum dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, peneliti mengetes pemberian satu dosis madu dengan obat batuk dextromethorphan, pada 100 anak yang sedang flu.

Secara umum, orang tua menemukan madu lebih baik dibanding memberikan obat batuk. Anak yang diberi madu akan tidur lebih nyenyak dan berkurang gejala flunya.

Tak heran bila WHO memasukkan madu sebagai potential demulcent, alias cairan manis yang bisa melapisi tenggorokan dan meredakan iritasi.

* Mengobati luka

Madu sudah lama memiliki reputasi sebagai penyembuh. Dalam referensi pertama yang ditulis 2.100-2.000 SM disebut kalau madu bisa digunakan sebagai obat dan salep. Madu manuka asal Selandia Baru bahkan telah diubah menjadi obat bernama Medihoney. Obat ini bekerja dengan sangat baik sebagai obat luka. Madu berfungsi pula sebagai antibakteri.

Untuk mengobati luka, bukan hanya madu manuka yang bermanfaat. Studi yang dimuat di British Journal of Surgery, menjelaskan penggunaan madu oleh peneliti Nigeria. Ia mengobati 59 pasien dengan luka yang sudah bernanah dan sulit disembuhkan. Sebanyak 58 pasien berhasil diobati, luka yang terinfeksi dan nanah berubah steril hanya satu pekan setelah dioleskan madu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement