Senin 06 Oct 2014 18:20 WIB

Kemenpora Janji Selesaikan Bonus Asian Games 2014

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bilal Ramadhan
Kontingen Indonesia di Asian Games 2014.
Foto: Iberita.com
Kontingen Indonesia di Asian Games 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) setidaknya telah menyiapkan dana total sebesar 16,5 miliar rupiah untuk bonus dan penghargaan buat atlet peraih medali di Asian Games ke-17 Incheon.

Bahkan, Kemenpora menargetkan pembayaran bonus itu semua sudah selesai pada akhir tahun ini.Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot Dewabroto, menyatakan, pemberian bonus penghargaan terhadap atlet, pelatih, dan asisten pelatih telah diatur secara khusus lewat Peraturan Presiden nomor 44/2014.

Mekanisme pemberian bonus penghargaan itu, lanjut Gatot, adalah Kemenpora bakal menerima laporan dari Satlak Prima terkait daftar penerima medali. Kemudian setelah dilakukan evaluasi oleh Kemenpora, bonus bisa langsung dikucurkan ke atlet, pelatih, dan asisten pelatih.Gatot menambahkan, mekanisme pembayaran bonus penghargaan itu seharusnya berlangsung cepat dan tidak lama.

Mengingat jumlah penerima medali di Asian Games ke-17 tidak terlalu banyak. Kendati begitu, Kemenpora masih harus melakukan koordinasi dengan komunikasi intensif dengan pihak eksternal, terutama Kementerian Keuangan.

''Karena yang berhak memberikan sinyal boleh diberikan atau tidak itu adalah Kementerian Keuangan,'' kata Gatot kepada wartawan saat konferensi pers di kantor Kemenpora, Senin (6/10).

Terkait kekhawatiran molornya waktu pemberian bonus penghargaan itu, Gatot menilai, keterlambatan itu terjadi lantaran beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya sosialisasi terhadap para atlet, pengurus besar, dalam menyediakan nomor-nomor rekening sebagai tempat penyaluran bonus tersebut.

Kekhawatiran ini muncul lantaran adanya kasus keterlambatan pemberian bonus terhadap peraih medali di Sea Games 2013 di Myanmar. Untuk itu, Kemenpora berjanji bakal segera bergerak cepat dan memberikan tenggat waktu terkait pemberian bonus dan penghargaan buat peraih medali di Asian Games ke-17.

''Pemberian bonus ini harus bisa dilakukan secepatnya. Mudah-mudahan sebelum akhir tahun ini sudah bisa diselesaikan,'' lanjut Gatot.

Gatot mengungkapkan, besaran bonus untuk para peraih medali tidak akan jauh berbeda dengan Sea Games 2013. Pada saat itu, Kemenpora memberikan bonus sebesar 200 juta rupiah untuk peraih emas, sementara medali perak mencapai Rp50 juta dan peraih medali perunggu mendapatkan 30 juta rupiah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement