Ahad 05 Oct 2014 21:02 WIB

Nilai Pancasila Memudar di Kalangan Muda

Pancasila
Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN --  Pemahaman generasi muda, pelajar dan mahasiswa terhadap ideologi Pancasila dewasa ini kian menipis. Karena itu, nilai Pancasila perlu kembali disosialisasikan.Menurut Sosiolog Universitas Sumatera Utara (USU) Badaruddin,  sosialisasi yang harus dilakukan pemerintah seperti  mengadakan berbagai penataran, ceramah dan bimbingan mengenai ideologi Pacasila.

"Pemerintah perlu melaksanakan kembali penataran mengenai Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P-4), karena hal ini dapat mempertahankan nilai-nilai Pancasila," katanya, Ahad (5/10).

Kemudian, pemerintahan yang baru terpilih dapat membentuk kembali BP-7 (Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) untuk melaksanakan penataran dan pembudayaan P-4 bagi seluruh warga Indonesia. Melalui penataran P-4 ini, diharapkan semangat nasionalisme dan wawasan kebangsaan generasi muda, pelajar/mahasiswa semakin tinggi dan kuat. Sehingga tidak akan mudah terpengaruh dengan berbagai budaya asing.

Selain itu, para generasi muda, pelajar/mahasiswa mimiliki jiwa patriotisme yang kuat dan tetap membela, serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ideologi Pancasila, menurut dia, tidak bisa dilupakan bagi segenap warga Indonesia, karena hal ini adalah menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Jadi, setiap bangsa Indonesia harus tetap memegang teguh dan memahami nilai-nilai ideologi Pancasila dan jangan sampai dilupakan apalagi ditinggalkan," ucapnya. n antara ed: muhammad hafil

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement