Ahad 05 Oct 2014 08:54 WIB

Jokowi Tuntun Seekor Sapi Coklat untuk Kurban di Balai Kota

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Joko Sadewo
Jokowi.
Foto: Facebook
Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden terpilih yang juga gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan secara simbolis satu ekor sapi untuk disembelih di Hari Raya Idul Adha tahun ini, Ahad (5/10). Sapi tersebut akan disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Cakung, Jakarta Timur.

Sapi yang diserahkan adalah seekor sapi Jawa warna coklat. Di leher sapi terdapat kalung bertuliskan 'Sapi Qurban Gubernur DKI Jakarta.' Sapi tersebut kemudian diangkut menggunakan mobil bak terbuka untuk disembelih di RPH Cakung. Secara keseluruhan, Balai Kota DKI Jakarta tahun ini menyembelih 20 sapi dan 21 kambing. Namun, secara pribadi, Jokowi berkurban sebanyak 20 sapi dan 44 kambing.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga melepas secara simbolis 675 petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban. Mereka berasal dari petugas dari Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta sebanyak 325 orang, mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB sebanyak 300 orang, dan dokter-dokter dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jakarta sebanyak 50 orang.

"Mereka membantu melayani pemeriksaan kesehatan hewan di tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta Darjamuni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement