Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Telkom Gelar Pelatihan Guru di Medan

Jumat 03 Oct 2014 15:00 WIB

Red:

MEDAN -- PT Telkom kembali menggelar pelatihan bagi guru di Kota Medan, Sumatra Utara. Pelatihan bernama Bagimu Guru Kupersembahkan (BGK) 2014 ini merupakan salah satu program CSR Telkom Bakti Bagi Negeri.

Pembukaan pelatihan ini dilaksanakan pada Rabu (1/10) oleh Wali Kota Medan yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Marasutan Siregar. Sedangkan, dari PT Telkom diwakili oleh GM Telkom Sumatra Utara  Zahrial Hamid Nasution.

Dalam sambutannya, Zahrial menyampaikan tentang peran Telkom terhadap pendidikan. "Telkom siap bekerja sama dengan dunia pendidikan untuk menyukseskan program-program sekolah dan juga memberikan pelatihan-pelatihan untuk sekolah," kata Zahrial.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Adjie Sambogo/Republika

Pelatihan Guru Telkom.

Materi pelatihan mencakup berbagai macam tema. Di antanya, sosialisasi Kurikulum 2013 Bambang Winarji dari LPMP Provinsi Sumut, integrasi teknologi dan praktik terbaik pembelajaran inovatif yang disampaikan oleh Petra Bodrogini (World Bank) dan Ali Ishaq (Intel Indonesia). Selain itu, ada peningkatan kemampuan komunikasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) oleh artis Shahnaz Haque dan pemanfaatan media sosial untuk pembelajaran oleh Winastwan Gora Swajati (Edukasi 101). Pelatihan ini diberikan dalam bentuk teori dan praktik.

Beberapa orang guru menyambut baik pelatihan ini. Faula Amalia Hasibuan dari SMA Swasta Josua Medan mengatakan, materi yang ia dapat selama pelatihan sangat menarik dan akan diaplikasikan di sekolah. Selain itu, Suheri Edy dari SMK Bina Bersaudra mengatakan, pelatihan ini bisa dijalankan terus dan berharap bagi guru-guru yang ada dipedalaman juga dapat pelatihan serupa. "Supaya guru tidak buta terhadap teknologi," katanya.
 
Pelatihan guru ini merupakan rangkaian kegiatan di delapan kota, yaitu Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya, Banjarmasin, Singaraja, Jayapura, dan Makassar. Pembukaan rangkaian kegiatan ini dibuka Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI Bapak M Nuh pada 24 September 2014 di Gedung Kemendikbud. Target peserta di delapan kota ini sejumlah 1.000 guru SMA/SMK sederajat.

Kota kedua setelah Jakarta adalah Kota Medan. Kegiatan pelatihan di Medan diselenggarakan selama dua hari pada  1 dan  2 Oktober 2014. Kegiatan di Medan diikuti oleh 120 guru SMA/SMK sederajat sekota Medan dan diselenggarakan di ruang Kasuari hotel Garuda Plaza jalan Sisingamangaraja 18 Medan.

Pelatihan bernama Bagimu Guru Kupersembahkan (BGK) 2014 ini bertujuan untuk akselerasi program Indonesia Digital Learning Telkom dan Implementasi Kurikulum 2013. Selain itu, meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan mengubah mindset guru dalam proses belajar mengajar sesuai dengan Kurikulum 2013 yang dijalankan Kemendikbud. ed: muhammad hafil

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA