Kamis 02 Oct 2014 20:45 WIB

Voting DPD Diulang karena Indonesia Tengah Suaranya Sama

GKR Hemas
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
GKR Hemas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahap pemilihan calon ketua DPD memasuki tahap pemungutan suara yang kedua. Hal tersebut dikarenakan, untuk perwakilan wilayah tengah memiliki jumlah suara yang sama yaitu sebanyak 61 suara. Seperti diketahui, untuk wilayah Indonesia tengah yang lolos tahap verifikasi yaitu Oesman Sapta (Kalimantan Barat) dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas (Yogyakarta).

Sedangkan untuk wilayah Indonesia Barat telah dimenangkan oleh Irman Gusman (Sumatera Barat) dengan perolehan 90 suara dan Intsiawati Ayus (Riau) hanya memperoleh 22 suara.

Untuk wilayah Indonesia timur dimenangkan oleh Farouk Muhammad (Nusa Tenggara Barat) dengan perolehan 49 suara. Sedangkan kandidat lainnya yaitu Nono Sampono (Maluku) memperoleh 47 suara, Bahar ngitung (Sulawesi Selatan) 19 suara dan Gede Pasek (Bali) enam suara.

Nantinya, pimpinan DPD yang terpilih terdiri dari satu orang yang mewakili masing-masing wilayah Indonesia. Yaitu wilayah Barat, timur dan tengah.

"Berdasarkan tata tertib, untuk wilayah yang memiliki suara yang sama maka akan dilakukan perhitungan suara ulang," ujar ketua sidang sementara Aidil Fitri Syah d di Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta pusat (2/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement