Rabu 01 Oct 2014 12:00 WIB

Liverpool Hadapi Pembunuh Tim Inggris

Red:

BASEL -- Laga sulit akan menanti Liverpool di Saint Jakob Park Kota basel, Kamis (2/10) dini hari. Liverpool mesti menghadapi tim yang terkenal sebagai pembunuh tim Inggris di Liga Champions, FC Basel.

Tercatat, Basel kerap menjadi sandungan bagi tim besar Inggris. Musim lalu, Chelsea jadi korban kejutan sang jawara Swiss. Chelsea bahkan harus dua kali menderita kekalahan saat bermain kandang dan tandang.

Dan, korban kejutan terbesar Basel adalah Manchester United di Liga Champions musim 2011/2012. Kala itu, United secara mengejutkan ditahan Basel 3-3 di Old Trafford. United bahkan secara tak terduga harus tersingkir dari putaran grup setelah menyerah 1-2 di Saint Jakob.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Rui Vieira/AP

Daniel Sturridge

Liverpool pun pernah merasakan kejutan Basel pada musim 2002-2003. Kala itu, the Reds tak mampu memetik tiga angka dari dua pertemuan melawan klub Swiss tersebut.

Rekor Basel tentu menjadi kewaspadaan pelatih Liverpool, Brendan Rodgers. Karenanya, Rodgers menginstruksikan anak asuhnya untuk tampil habis-habisan. Rodgers pun kini sedang berdoa untuk kepulihan penyerang andalannya, Daniel Sturridge.

"Kami masih menunggu sampai menit terakhir terkait kondisi kebugarannya," kata Rodgers dalam laman resmi klub.

Rodgers wajar berharap akan kepulihan eks penyerang Chelsea dan Manchester City itu. Maklum, tanpa kehadiran Sturridge, Liverpool bak kehilangan gigi. Bahkan dalam tiga laga terakhirnya, Liverpool tak mampu meraih kemenangan. The Reds hanya mampu mencetak enam gol dari lima laga minus Sturridge.

Sebuah angka yang tentunya sangat minim bagi tim besar yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Eropa. "Kami sangat membutuhkan Daniel (Sturridge), terutama saat posisi kami unggul satu gol dan tim lawan keluar untuk menekan. Dalam kondisi ini, kecepatannya sangat diperlukan tim ini," kata Rodgers.

Di kubu tuan rumah, pelatih Basel Paulo Sousa sadar timnya butuh keajaiban untuk bisa mengulangi keberhasilannya menekuk tim besar Inggris. Menurutnya, tim seperti Basel hanya butuh bermain tanpa beban saat menantang tim besar seperti Liverpool. ed: abdullah sammy

    

Fakta Laga

- Basel kalah pada dua laga terakhirnya dalam ajang Liga Champions dengan masing-masing kebobolan lima gol.

- Basel sukses menaklukkan tim Inggris Chelsea dalam laga kandang dan kandang di putaran grup Liga Champions musim 2013-2014.

- Liverpool dan Basel pernah berjumpa di putaran grup Liga Champions musim 2002-2003. Kala itu, laga berakhir imbang (1-1 dan 3-3).

- Liverpool tak pernah kalah dalam sembilan laga terakhir menghadapi tim asal Swiss (enam kali menang dan tiga imbang).

- Lima pertemuan terakhir Liverpool menghadapi tim Swiss selalu berujung dengan banyak gol. Total rata-rata gol dalam lima laga itu adalah 5,8 gol per pertandingan.

- Penyerang Liverpool mampu melepaskan 10 sentuhan berbahaya di lini pertahanan lawan di Liga Champions musim ini. Jumlah ini yang terbanyak di antara penyerang lain.

- Pemain Basel, Breel Embolo, yang berusia 17 tahun 214 hari, merupakan satu dari dua pemain berusia 17 tahun yang telah bermain di Liga Champions musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement