Sabtu 27 Sep 2014 23:50 WIB

Incheon, Kota Peduli Kesehatan

Maskot Asian Games 2014 Incheon (kiri-kanan) Barame, Vichuon dan Chumuro.
Foto: EPA
Maskot Asian Games 2014 Incheon (kiri-kanan) Barame, Vichuon dan Chumuro.

Oleh: Reja Irfa Widodo

dari Incheon, Korea Selatan

Kepedulian Pemerintah Metropolitan Kota Incheon terhadap kondisi kebugaran warganya bisa dibilang cukup tinggi. Sejumlah fasilitas olahraga dapat diakses dengan mudah di berbagai sudut kota.

Tidak hanya itu, semua fasilitas itu dapat diakses tanpa biaya alias gratis. Bahkan, fasilitas olahraga itu tersebar hingga pinggiran kota Incheon.

Tepat di depan Anyang Hogde Stadium, saya mendapati sebuah petak tanah sekitar 30x10 meter berisikan berbagai perlengkapan fitness. Setidaknya ada enam alat fitnes dalam area tersebut.

Perlengkapan fitnes paling populer seperti Bench Press, Eliptical Press, Eliptical trainer, tersedia di taman tersebut. Inilah taman Fittnes Facilities Outdoor yang dibangun pemerintah setempat demi mengakomodasi keinginan warganya untuk berolahraga dan tetap sehat serta menjaga kondisinya.

Anyang Hodge Stadium berada di distrik Gyeongi Do, yang berjarak sekitar 30 km atau 48 menit perjalanan dari pusat kota Incheon. Selain itu, di taman itu pula terdapar gazebo yang disediakan sebagai tempat beristirahat.

Jika hal itu dianggap tidak cukup, maka pepohonan yang mengitari taman tersebut membuat kondisi di sekitar taman tersebut tidak terlalu besar. Di masing-masing alat fitnes itu juga terdapat informasi dan keterangan gambar bagian-bagian tubuh yang bisa dilatih dengan menggunakan alat tersebut.

Warga setempat benar-benar dimanjakan dengan semua fasilitas olahraga tersebut. Memang, ukuran alat-alat tersebut tidak terlalu besar seperti yang ada di pusat kebugaran. Malah cenderung sederhana dan minimalis.

Namun, buat saya, hal ini sudah cukup memberikan tanda kepedulian penuh pemerintah lokal terhadap kesehatan warganya. Kebijakan ini seolah beriringan dengan tekad Pemerintah Lokal Incheon untuk menjadikan kota berpenduduk 4,5 juta jiwa itu sebagai green metropolitan city.

Selain itu, yang terpenting, penempatan alat-alat tersebut merupakan tindakan nyata upaya pemerintah lokal untuk bisa melayani sekaligus mendorong warganya untuk tetap berolahraga demi menjaga kesehatan.Tidak hanya di pinggiran kota, di pusat kota Incheon, seperti di Songdo Central Park, juga tersedia berbagai fasilitas olah raga secara gratis.

Tidak hanya lintasan joging dan lintasan sepeda, yang bersebelahan dengan kanal, Songdo Central Park juga menyediakan alat-alat kebugaran yang bisa digunakan secara gratis.

Dengan dikelilingi gedung-gedung bertingkat dengan arsitektur modern, Songdo Central Park bisa dijadikan salah satu pilihan warga Incheon untuk menghabiskan waktu akhir pekan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement