Sabtu 27 Sep 2014 16:00 WIB

Bulu Tangkis Optimistis Capai Target

Red: operator

Dua emas diharapkan mampu disumbang kan nomor ganda putra dan ganda campuran.

Tim bulu tangkis Indonesia memang belum berhasil memenuhi target di nomor beregu Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan (Korsel), tapi Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Peng urus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Rexy Mainaky tetap optimistis timnya mampu mencapai target dua medali emas di nomor perorangan.

Tim beregu putra yang ditargetkan untuk mencapai babak final harus terhenti di perempat final oleh Taiwan. Begitu juga dengan tim putri yang dikalahkan Jepang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:AP

"Target di beregu memang belum tercapai, namun para pemain dan pelatih telah melakukan evaluasi agar tampil lebih baik di nomor perorangan. Saya optimistis target dua medali emas bisa tercapai,'' ujar Rexy kepada Badmintonindonesia.org, awal pekan ini.

Dua emas diharapkan datang dari nomor ganda putra lewat pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Kedua pasangan Juara Dunia 2013 ini memang menjadi andalan tim Merah-Putih di panggung bulu tangkis dunia.

Jika melihat hasil undian, Tontowi/ Liliyana diperkirakan belum menemukan lawan berat hingga babak perempat final. Di babak delapan besar, pasangan peringkat empat dunia ini kemungkinan akan bertemu dengan unggulan delapan, Maneepong Jong jit/ Sapsiree Taeratta nachai (Thailand) atau Shin Baek Cheol/Chang Ye Na (Korsel).

Sementara, Hendra/ Ahsan yang dijagokan di tempat kedua juga bakal berjumpa lawan yang cukup berbahaya di ba bak delapan besar.

Hendra/Ahsan tentunya tak akan melupakan laga semifinal Piala Thomas saat dikalahkan ganda Malaysia, Tan Boon Heong/ Hoon Thien How. Kedua pasangan ini berpeluang untuk kem bali bertemu di babak perempat final. Dengan catatan, Tan/Hoon bisa menghentikan perlawanan unggulan ke enam asal Cina, Liu Xiaolong/Qiu Zihan.

`'Peluang Tontowi/ Liliyana dan Hendra/Ahsan cukup terbuka, apalagi mereka sudah sering bertemu dengan lawan-la wan mereka di turnamen-turnamen sebe lumnya dan pasti sudah mengerti di mana kelebihan dan kekurangan lawan,'' jelas Rexy.

Di tunggal putra, Tommy Sugiarto juga ditargetkan untuk membawa pulang medali perunggu. Pemain peringkat lima dunia ini juga akan bertemu lawan yang cukup berbahaya di babak ketiga, yaitu Wei Nan (Hong Kong). Ia juga berpeluang kem bali berduel dengan Chou Tien Chen, pemain Taiwan yang mengalahkannya di nomor beregu.

Dalam laga kontra Chou Tien, Tommy mengaku, ada permasalahan nonteknis yang secara psikologis memengaruhi penampilannya di lapangan. `'Kami masih belum menger ti faktor nonteknis apa yang mengganggu penampilan Tommy di pertandingan beregu,'' ujar Rexy berkomentar.

Rexy berharap, Tommy bisa tampil all-out di nomor perorangan.`'Semoga, bisa mencapai target yang ditetapkan PBSI,'' imbuh peraih medali emas ganda putra di Asian Games 1994 dan 1998 bersama Ricky Soebagdja ini. Cabang olahraga bulu tangkis perorangan Asian Games 2014 mulai dimainkan di Gyeyang Gymnasium sejak Rabu (24/9) lalu.  ed:endro yuwanto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement