Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

India Sukses Kirim Tim Berbiaya Murah ke Planet Mars

Rabu 24 Sep 2014 14:00 WIB

Rep: c73/ Red: M Akbar

Planet Mars

Planet Mars

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Misi lembaga antariksa India yang berongkos murah ke Mars, berhasil memasuki orbit planet merah tersebut pada Rabu (24/9). Keberhasilan tersebut menempatkan India sebagai negara pertama yang melaksanakan proyek dalam upaya perdananya.

"India telah berhasil mencapai Mars. Selamat kepada semua," tutur Perdana Menteri India, Narendra Modi, seperti dilansir dari ChinaDaily, Rabu (24/9)

Keberhasilan misi pengorbit Mars yang dipuji karena label harga rendahnya sebesar 74 juta dolar AS akan meningkatkan program lima dekade ruang angkasa India. Di mana, Perdana Menteri terpilih yang baru, Narendra Modi, bertujuan untuk memperluas teknologi dan infrastruktur yang lebih baik.

Dengan pesawat ruang angkasa di sekitar Mars itu, India bergabung dengan sekelompok kecil negara seperti Amerika Serikat, Rusia dan Eropa. Negara-negara tersebut telah berhasil mengirim penyelidikan untuk mengorbit atau mendarat di Mars.

Perayaan atas keberhasilan itu dimulai di pusat komando di selatan kota Bangalore, India, setelah sinyal komunikasi  yang mengkonfirmasi pesawat ruang angkasa memasuki orbit Mars sempat tertunda.

Lembaga The Indian Space Research Organisation (ISRO) milik pemerintah India, berhasil memicu mesin 440 Newton cair utama dan delapan mesin pendorong kecil yang dibakar selama 24 menit dan dipangkas kecepatan pesawat, untuk memungkinkan penyisipan orbit halus di bawah bayang-bayang Mars.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA