Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Ini Tips Hilangkan Bau 'Prengus' Daging Kambing

Selasa 23 Sep 2014 19:56 WIB

Red: Agung Sasongko

Daging Kambing panggang redcurrant

Daging Kambing panggang redcurrant

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu tahapan dalam mengolah kuliner berbahan dasar daging kambing ialah menghilangkan bau "prengus" nya. Berikut tips dari para praktisi kuliner nusantara untuk menghilangkan bau "prengus" daging kambing.

1. Gunakan kunyit, jahe dan bawang putih

Munifah, pemilik usaha kuliner "Sate Kambing Bakar Balanga" di Gorontalo, mengatakan, kunyit, jahe dan bawang putih merupakan bumbu kunci yang ampuh untuk menghilangkan bau "prengus" daging kambing.

"Daging kambing dicuci bersih lalu dipotong-potong, setelah itu, kita kasih kunyit sepotong, jahe sepotong, bawang putih, diulek. Campurkan bumbu-bumbu itu ke bagian daging yang telah dikeringkan selama 15 menit," ujarnya kepada ANTARA News di sela acara yang diselenggarakan salah satu merek kecap, di Jakarta, Selasa.

Kemudian, lanjut perempuan yang telah enam tahun berkecimpung dalam dunia kuliner kambing selama enam tahun itu, daging kambing yang telah dicampurkan bumbu-bumbu tadi bisa dicuci kembali.

Menurut dia, selain menghilangkan bau, ketiga bumbu ini juga dapat menambah cita rasa pada daging yang akan diolah. "Bumbu itu yang paling penting, harus benar-benar. Jadi aroma daging itu sendiri keluar," katanya.

2. Khusus untuk bagian jeroan kambing, rebus jeroan lalu tambahkan daun salam dan lengkuas

Menurut Sumiati, pemilik usaha "Rabeg" di Banten, mengolah jeroan agar tidak bau "prengus" ialah dengan merebusnya.  "Jeroan dicuci bersih, lalu dimasukan ke dalam air dingin. Rebus jeroan sampai keluar busa-busa putih. Ambil busa-busa yang mengumpul di permukaan itu lalu buang sampai busa-busanya habis," ujarnya.

"Baunya itu disitu di busa-busa putih yang dibuang," tambah perempuan yang telah berkecimpung di usaha kuliner "Rabeg" sejak 1982 itu.

Kemudian, tambah dia, saat merebus, sebaiknya tambahkan daun salam dan lengkuas yang dirajang untuk menambah aroma rempah pada jeroan sekaligus menghilangkan bau prengusnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA