Senin 22 Sep 2014 19:55 WIB

ADM: Daihatsu Copen Bisa Dipesan Tahun Depan

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Yudha Manggala P Putra
Daihatsu Copen.
Foto: Niken Paramita Wulandari
Daihatsu Copen.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Mobil konsep Daihatsu, Copen, berhasil menyedot perhatian pengunjung yang datang ke perhelatan Indonesia Inernational Motor Show (IIMS) 2014. Bentuknya yang mungil dan tampilannya yang nyentrik membuat siapa saja menoleh.

Copen menurut Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Chandra tidak akan dirilis secara resmi di Indonesia. Saat ini diungkapkan Amelia, Daihatsu masih perlu studi yang lebih mendalam.

Namun bagi mereka yang mengingkan mobil sporty mungil ini bisa melakukan pembelian pada tahun depan. Copen sendiri lanjutnya dijual berdasarkan pesanan.

"Nggak akan di-launching. Tapi tahun depan kita akan kenalkan melalui program test drive dan dijual berdasarkan pesanan," kata Amelia di IIMS 2014, Senin (22/9).

Di negara asalnya Jepang, Copen sudah diluncurkan sejak Juni 2014 lalu. Copen mengusung keunikan dengan bodi panel yang bisa diganti-ganti sesuai keinginan pengguna. Sayangnya keunikan ini yang justru menjadi kendala di Indonesia.

"Kalau di Jepang tidak ada pencantuman warna di STNK jadi warna bodi mobil bisa diganti kapanpun. Kalau di Indonesia STNK-nya mencantumkan warna mobil, itu yang perlu dipertimbangkan," ujarnya.

Selain itu ada beberapa hal terkait spesifikasi yang juga menjadi pertimbangan. Copen yang dipajang di IIMS ini masih menggunakan spesifikasi lokal Jepang.

"Di Jepang kalau dirupiahkan Copen dijual Rp 175 juta namun karena di Indonesia akan pajak, jadi kira-kira dikalikan dua atau sekitar Rp 350 juta," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement