Senin 22 Sep 2014 16:45 WIB

Gran Max Caravan Serasa Rumah Berjalan

Gran Max Caravan
Foto: Antara
Gran Max Caravan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan sejumlah upaya agar tampil beda di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Salah satunya dengan memajang Gran Max Caravan, rumah berjalan yang merupakan hasil modifikasi dari mobil tujuh penumpang Gran Max.

Seperti namanya, salah satu bagian yang paling menonjol dari varian modifikasi ini adalah ruang karavan yang menempel di bagian belakang Gran Max. Ruang itu sudah dilengkapi fitur-fitur yang membuatnya senyaman di rumah.

Desainer ADM yang memimpin tim modifikasi Gran Max Caravan, Isa Nova, menuturkan mobil konsep ini dibuat berdasarkan masukan pengunjung IIMS edisi 2013 lalu.

"Jadi yang tahun lalu kami buat konsep yang agak mirip, tapi di ruangan belakang kami buat seperti toko berjalan," kata dia. "Tahun ini lebih fungsional dan ruang belakangnya lebih mirip rumah."

Isa menyebutkan anggaran yang dihabiskan untuk memodifikasi Gran Max Caravan mencapai sekira Rp 250 juta. Jika dirinci, Rp 150 juta untuk interior dan Rp 100 juta untuk eksterior.

Pada bagian dalam ruangan disematkan tempat tidur kapasitas 2 orang dan dapur mini yang dilengkapi dengan kompor listrik.

Di dalam ruangan tersebut terdapat juga bebera perangkat elektronik seperti sistem hiburan televisi dan pengatur suhu ruangan. Sumber listriknya berasal dari sebuah genset. Di bagian atap sendiri dijejali tempat untuk "sunbathing" atau mandi cahaya matahari.

Untuk desain warna, Isa sengaja memilih dua warna hitam putih yang terpotong horizontal dengan tujuan menciptakan kesan agar Gran Max Caravan tidak terlihat terlampau besar ataupun kecil dengan ban 18 inci.

Fungsi berbeda juga ditawarkan Gran Max Caravan. Mobil ini dimodifikasi tim untuk pengguna yang hobi tamasya. Model karavan didesain untuk memberikan kenyamanan penuh bagi penggunanya.

"Memang kami ingin menampilkan fleksibilitas produk kami, artinya bahwa produk kami bisa dimodifikasi dalam berbagai konsep. Ini juga membuat kami tampil beda di IIMS," kata Desainer Gaya Senior PT ADM, Mark Wijaya, di Jakarta International Expo, Kemayoran seperti dikutip dari Antara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement