Senin 22 Sep 2014 16:30 WIB

Cegah Aliran Radikal, UPI Gelar Kuliah Agama

Red:

BANDUNG –– Banyaknya kelompok radikal belakangan ini membuat institusi pendidikan khawatir. Untuk mencegah masuknya kelompok tersebut ke kampus, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) memberikan pendidikan agama Islam kepada mahasiswa.

Wakil Rektor III UPI Dadang Sunendar mengatakan, kelompok radikal dan ajaran sesat seperti ISIS berpotensi masuk ke lingkungan kampus. Mahasiswa cenderung mudah dipengaruhi oleh kelompok-kelompok radikal tersebut.

"Saat ini, banyak yang tertarik dengan kelompok besar seperti ini. Mata kuliah ini sifatnya antisipasi bila ada yang memanfaatkan kita," ujar Dadang, akhir pekan lalu.

UPI memberikan pendidikan agama Islam ke dalam mata kuliah dasar umum (MKDU) untuk mencegah masuknya kelompok radikal. Sebanyak 4.500 mahasiswa dari tiga fakultas berbeda mengikuti mata kuliah tersebut di Kampus UPI. Mahasiswa ini me rupakan mahasiswa yang duduk di tingkat satu, dua dan tiga.

Ketua Pelaksana Tutorial MKDU Toto Suryana menarget kan seluruh mahasiswa bisa mengimplementasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari hari. "Melalui tutorial ini diharap kan mahasiswa memperoleh pencegahan dari aliran tertentu yang mungkin mempengaruhi mereka," kata Toto. rep:mj05, ed: friska

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement