Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Kendala Pebisnis Syariah Versi MUI

Ahad 21 Sep 2014 09:50 WIB

Rep: C 57/ Red: Indah Wulandari

Bisnis syariah

Bisnis syariah

Foto: investasi-saham.com

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggarisbawahi tiga tantangan utama Pusat Inkubator Bisnis Syariah (PINBAS) yang diresmikan MUI.

"PINBAS menghadapi tantangan besar bersifat budaya, seperti lemahnya mentalitas dan budaya berbisnis di kalangan umat Islam," tutur Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, Anwar Abbas, Sabtu (20/9).

Tantangan kedua, lanjutnya, ialah kelemahan bersifat struktural seperti peraturan yang tidak memihak kepada pengusaha lemah dan kecil. Lemahnya pengusaha dalam hal penguasaan teknis  terhadap pengelolaan usaha sendiri juga ikut berpengaruh.Misalnya, kelemahan pada bidang teknis produksi, pemasaran, permodalan, manajemen keuangan dan lainnya.

"Harapannya, dengan pendirian PINBAS, MUI dapat membantu meningkatkan level calon pengusaha menjadi pengusaha kecil serta pengusaha kecil menjadi pengusaha menengah yang kuat," ungkap Anwar.

Anwar melihat,  para calon pengusaha ini menemui tantangan sangat berat. Bahkan mustahil mengembangkan usahanya bila tidak dibantu, difasilitasi, dan didampingi tenaga-tenaga pakar dan praktisi bisnis MUI.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA