Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Lindswell Kwok Srikandi Wushu Indonesia

Sabtu 20 Sep 2014 15:33 WIB

Red: operator

Selain Korsel, pesona atlet wanita asal Indonesia di ajang Asian Games 2014 juga tak bisa dilewatkan begitu saja. Salah satunya adalah srikandi yang akan berlaga di cabang olah raga wushu, Lindswell Kwok.

Lindswell memang menjadi andalan Indonesia di cabang olah raga wushu. Pasalnya, pada 2009 saat usianya masih 19 tahun, Lindswell mampu menjadi juara dunia dalam ajang World Wushu Championship di Ontario, Kanada. Saat itu, Lindswell menjadi satu-satunya atlet Tanah Air yang sanggup meraih medali emas.

 

 

 

 

 

 

 

 

Namun, prestasi itu gagal berlanjut di Asian Games 2010. Pada ajang pesta olahraga terbesar se-Asia itu, Lindswell justru gagal bersinar dan hanya menempati peringkat enam di kategori jurus atau Taolu, nomor Taijiquan.

Oleh karena itu, perempuan berdarah Medan ini bertekad memperbaiki prestasinya dan meraih medali emas di pentas Asian Games 2014. "Pengalaman di Asian Games 2010 lalu men jadi sesuatu yang berharga. Ketika itu, saya masih kurang pengalaman dan mental ber tanding," ujar Lindswell, beberapa waktu lalu.

Selain masalah mental, Lindswell mengaku, saat ini ia masih memiliki kekurangan dari segi teknik saat memainkan beberapa jurus. Meski mampu menorehkan rekor hebat pada tahun lalu dengan meraih empat medali emas dari empat kejuaraan internasional yang diikutinya, termasuk SEA Games 2013, atlet kelahiran 24 September 1991 ini mengaku, performanya masih belum maksimal. "Apa yang sudah saya torehkan pada 2013 harus ditingkatkan pada 2014 ini.

Semoga, pencapaian tahun lalu bisa dipertahankan dan ditingkatkan di Asian Games kali ini," katanya menambahkan.
Bakat Lindswell terhadap wushu sudah terlihat sejak kecil. Ia bahkan sudah diperkenal kan olah raga bela diri tersebut sejak usia tiga tahun oleh keluarganya. Nama Lindswell pun mulai berkibar pada 2005.

Saat itu, putri pasangan Tjoa Eng Hing dan Nuraini ini mampu meraih medali emas di Kejurnas Wushu Junior. Satu tahun kemudian, ia mewakili Indonesia pada ajang World Junior Wushu Championships di Kuala Lumpur, Malaysia, dan sukses menyum bangkan medali perunggu untuk Indonesia. rep:c79, ed: endro yuwanto

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA