Kamis 18 Sep 2014 12:00 WIB

misykat- Hegemoni Makna

Red:

Ketika makna suatu kata berganti dan berubah dari makna aslinya, maka boleh jadi karena adanya intrusi pandangan hidup asing (intrusion of worldview). Dapat pula disebabkan oleh pergeseran nilai dalam budaya pemegang makna itu.

Di Barat terdapat telah terjadi perubahan makna "gender" dari makna aslinya. Se mula maknanya difahami umum se bagai jenis kelamin: maskulin dan feminin. Makna itu dalam Webster’s New World Dictionary, New York: 1984, ber ubah menjadi perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan dilihat dari segi nilai dan tingkah laku. Disini bedanya bukan kelamin lagi, tapi sudah menjadi ketingkah laku.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Yudhi Mahatma/ANTARA

Dalam Encyclopedia of "Women Studies", vol. I Helen Tierney mengartikan gender bukan lagi perbedaan tingkah laku, tapi sudah menjadi suatu konsep kultural yang berupaya membuat pembedaan (dinstinction) dalam hal peran, perilaku, mentalitas, dan karakteristik emosional antara laki-laki dan perempuan yang berkembang di masyarakat.

Sepakat dengan Helen Hilary M Lips, di tahun 1993 menulis Sex and Gender: An Introduction. Disitu Helen mengartikan gender menjadi harapan-harapan budaya (cultural expectation) terhadap laki-laki dan perempuan. Disini realitas laki-laki dan perempuan sebagai obyek sudah hampir tidak penting.

Akhirnya "gender" resmi berbeda tajam dari kata sex. Sex digunakan secara umum untuk membedakan laki-laki dan perempuan dari segi anatomi biologis atau jenis kelamin. Maka sex meliputi perbedaan komposisi hormon dalam tubuh, anatomi fisik, reproduksi dan sifatsifat biologis lainnya. Gender digunakan untuk mengkaji aspek sosial, budaya, psikologis dan aspek-aspek non-biologis lainnya. (Linda L Lindsey, Gender Roles: A Sociological Perspective, New Jersey, Prientice Hall, hal 2.)

Belum cukup dengan makna baru itu Lindsey, merobah definisinya. Gender yang telah menjadi suatu konsep itu menjelma lagi menjadi teori "Kajian gender" (Gender Studies). Kajian gender adalah kajian yang berkaitan dengan ketetapan masyarakat perihal penentuan seseorang sebagai lakilaki atau perempuan. Disini apa itu laki-laki dan perempuan sudah tergantung kepada ketetapan masayarakat. Menambahkan konsep ini Elaine Showlater (ed), dalam karyanya Speaking of Gender, menyatakan bahwa gender bukan hanya pembedaan laki-laki dan perempuan dilihat dari konstruksi sosial budaya. Ia menekankannya sebagai konsep analisis yang dapat digunakan untuk menjelaskan sesuatu. (Elaine Showlater (ed), Speaking of Gender, New York & London: Rouytledge, 1989, hal 3.

Tren merubah makna memang kerja orang-orang postmodern. Mulanya mereka sadar akan kemajemuan realitas, lalu ragu jika manusia mampu memahami realitas itu. Karena itu mereka hilang kan makna dan kebenaran universal. Mak na segala sesuatu bisa dipasang copot bagaikan cincin pada jemari; dihilangkan konteknya; diputus hubungannya dengan makna lain. Jadi orang postmo itu sebenarnya tahu kebenaran, tapi bagi mereka kebenaran kemudian itu akan berubah maknanya. Begitu pulalah dengan kasus makna kata gender.

Sejatnya, setiap kata mengandung makna dan setiap makna mengandung konsep. Serangkaian atau jalinan konsep suatu dalam peradaban dapat membentuk suatu pandangan hidup atau worldview. Jika makna-makna dari konsep kunci (key concept) suatu peradaban itu banyak mengambul konsep kunci dari peradaban atau worldview lain, maka peradaban itu akan didominasi oleh peradaban lain.

Kini segelintir cendekiawan Muslim telah merobah konsep kunci dalam Islam. Demi menjustifikasi konsep gender, jum lah hak waris laki-laki dan wanita harus sama; karena kesetaraan gender fiqih dianggap maskulin; karena gender pula hadits-hadits tentang wanita yang negatif dianggap misoginis; untuk membela ke setaraan gender peranan suami dikalah kan oleh istri atau disamakan. Jika ini te rus terjadi maka masa hegemoni terha dap pemikiran umat akan semakin dahsyat.

Dr Hamid Fahmy Zarkasyi

Direktur INSISTS

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement