Selasa 16 Sep 2014 16:57 WIB

Lolos ke WTA Finals, Simona Halep Cetak Sejarah

Simona Halep
Foto: David Gray/Reuters
Simona Halep

REPUBLIKA.CO.ID, ST. PETERSBURG—Asosiasi Tenis Wanita (WTA) mengumumkan bahwa Simona Halep dipastikan berlaga di turnamen bergengsi WTA Finals 2014. Halep menjadi petenis Rumania pertama yang lolos ke WTA Finals sejak 1997.

WTA Finals—dulu dikenal sebagai WTA Tour—merupakan turnamen akhir tahun bergengis. Hanya petenis dengan berperingkat tertinggi di WTA yang dapat ambil bagian. Halep lolos karena tampil mengagumkan sepanjang 2014 dan menempatkannya ke peringkat dua dunia.

Petenis berusia 22 tahun ini mendapatkan gelar juara di Qatar Total Open (Doha) dan Bucharest Open. Halep pun menjadi runner-up di Mutua Madrid Open dan Roland Garros. Tak hanya itu, ia juga menembus semifinal Wimbledon dan BNP Paribas Open (Indian Wells). Babak perempat final ia raih di grand slam Australia Terbuka dan Western and Southern Open (Cincinnati).

Dalam sejarah WTA Finals, selain Halep, ada dua petenis asal Rumania yang pernah tampil di sana yakni Virginia Ruzici dan Irina Spirlea. Nama terakhir beraksi pada WTA Finals 1997 yang saat itu bernama Chase Championship.

Dengan keberhasilan lolos ke turnamen yang akan digelar pada 17-27 Oktober di Singapura, Halep mengikuti jejak Serena Williams dan Maria Sharapova yang lebih dulu memastikan lolos. "Selalu menjadi mimpi saya untuk bisa tampil di WTA Finals," ucap Halep dalam rilis WTA, Selasa (16/9). "Ini adalah bukti kesuksesan saya di tahun 2014. Saya sekarang fokus menghadapi para petenis putri terbaik dunia di Singapura nanti." 

CEO dan Chairman WTA Stacey Allaster memuji kiprah Halep dalam beberapa tahun terakhir. “Ia akan menjadi salah satu petenis terbaik di event ini," ujar dia.

WTA Finals 2014 akan menampilkan delapan petenis terbaik tunggal putri menggunakan sistem round robin. Pemenang akan membawa pulang trofi Billie Jean King.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement