Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Awal Menjanjikan Skuat Garuda Muda

Selasa 16 Sep 2014 16:00 WIB

Red:

INCHEON -- Indonesia tampil menjanjikan dalam laga perdana di cabang sepak bola Asian Games ke-17 di Incheon, Korea Selatan, Senin (15/9) sore WIB. Menghadapi Timor Leste di laga pembuka grup E, tim Garuda Muda sukses membungkam tim berjuluk the Raising Sun itu dengan tujuh gol tanpa balas.

Skor 7-0 menjadi rekor tersendiri dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di cabang sepak bola Asian Games. Sebelumnya, kemenangan 6-0 atas Filipina di fase grup Asian Games 1962 menjadi torehan gol terbanyak timnas Indonesia dalam sebuah laga sepak bola di kancah Asian Games.

Di Stadion Goyang, Incheon, penampilan tim besutan Aji Santoso memang tampil begitu dominan atas Timor Leste. Buruknya koordinasi lini belakang Timor Leste sudah begitu terasa saat laga baru berjalan enam menit, tepatnya saat Ferdinand Sinaga berhasil merobek gawang Timor Leste seusai melakukan kombinasi permainan dengan Bayu Gatra.

Tidak berhenti sampai di situ, Ferdinand hanya butuh waktu selama empat menit untuk bisa menambah pundi-pundi golnya. Penyerang Persib Bandung itu sukses mencetak gol keduanya pada menit ke-10. Bisa dibilang, laga itu memang menjadi pertunjukan ketajaman penyerang kelahiran Bengkulu tersebut.

Total empat gol mampu dicetak Sinaga dalam laga tersebut, termasuk saat mencetak gol pada menit ke-85. Sinaga, yang sebenarnya telah menghuni tim senior Indonesia itu, seolah membayar kepercayaan yang diberikan pelatih timnas Aji Santoso yang memanggilnya untuk bergabung bersama timnas U-23.

Sukses menutup babak pertama dengan gol Sinaga pada menit ke-35, timnas Indonesia tidak mau berhenti begitu saja. Bayu Gatra dan kawan-kawan terus menekan jantung pertahanan Timor Leste. Sedangkan, Timor Leste mencoba membalas lewat serangan yang digalang Diogo Rangel. Namun, sekali lagi, kesalahan di lini belakang membuat usaha the Raising Sun sia-sia.

Salah satu pemain Timor Leste kedapatan melakukan handsball di kotak penalti pada menit ke-79. Wasit asal Cina Taipei, Yu Ming Hsun, menunjuk titik putih. Alfin Tuasalamony dengan mudah menaklukkan kiper Timor Leste, Maxanches Ramos. Seakan tidak mau ketinggalan, dua pemain pengganti juga sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Novri Setiawan, yang masuk menggantikan Ahmad Jufriyanto, berhasil mencetak gol pada menit ke-82. Sedangkan Fandi Utomo, yang menjadi pengganti Sulaiman Syakir, berhasil menutup pesta gol tim Garuda Muda pada menit ke-85. Indonesia pun menempati peringkat pertama grup E dengan mengantongi tiga angka dan masih menunggu hasil pertandingan grup E lainnya, antara Maladewa dan Thailand.
rep:reja irfa widodo ed: andri saubani

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA