Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Bahaya! Jangan Pernah Konsumsi Suplemen Ini Bersamaan (2-Habis)

Selasa 16 Sep 2014 10:30 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Aneka vitamin dan suplemen

Aneka vitamin dan suplemen

Foto: global.fncstatic.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ROLers, Anda mungkin sudah rutin mengonsumsi suplemen tertentu untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Namun, tahukah Anda, bahkan suplemen yang paling umum sekalipun bisa menimbulkan reaksi negatif dalam tubuh jika dicampur dengan obat atau suplemen lainnya.

Sembarangan mencampur suplemen yang satu dengan lainnya karena itu tidak direkomendasikan. Termasuk, tidak mengkonsumsi sejumlah suplemen secara bersama.

Sebelum menenggak suplemen, perhatikan dulu suplemen tersebut. Berikut yang perlu diperhatikan seperti dilansir dari laman Health, Selasa (16/9).

4. Melatonin
Melatonin dapat menyebabkan kantuk. Namun, jika setelah minum ini Anda juga minum obat penenang, maka Anda akan terkantuk terlalu lama. Melatonin dapat memperlambat pembekuan darah, sehingga jika mencampurnya dengan obat antikoagulan seperti heparin atau warfarin (Coumadin) justru dapat meningkatkan pendarahan.

Hindari menggunakan melatonin jika Anda minum obat pengontrol tekanan darah, karena justru ini akan meningkatkan tekanan darah. Jika melatonin dicampur dengan suplemen lain yang memiliki sifat sedatif, seperti St John Wort dan valerian akan meningkatkan efek samping dari melatonin itu sendiri.

5. St John Wort
Mencampur St John Wort dengan antidepresan dapat menyebabkan meningkatnya serotonin dalam tubuh Anda. Efeknya sangat serius untuk jantung.

St John Wort dapat membuat pil KB tidak bekerja efektif. Suplemen ini juga tidak bagus jika bereaksi dengan obat migrain umum seperti sumatriptan dan zolmitriptan.

6. Vitamin D
Vitamin D dapat menurunkan efektivitas dari obat penurun kolesterol atau lipitor, seperti atorvastatin. Dosis vitamin D yang terlalu tinggi - jika tercampur dengan obat diuretik - bisa menyebabkan tubuh kelebihan kalsium yang terlampau banyak dan akhirnya menyebabkan masalah ginjal.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA