Sabtu 13 Sep 2014 16:00 WIB

Pilot Lebih Rentan Terkena Kanker Kulit

Rep: MG ROL 25/ Red: Indira Rezkisari
Pilot yang sering terpapar sinar UVA karena terbang 9.000 meter dari tanah cenderung lebih rentan terkena kanker kulit.
Foto: AP
Pilot yang sering terpapar sinar UVA karena terbang 9.000 meter dari tanah cenderung lebih rentan terkena kanker kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, ROCHESTER – Penelitian baru yang dilakukan American Cancer Society (ACS) menunjukan bahwa pilot dan awak pesawat dua kali lebih berisiko mengalami kanker kulit dibanding masyarakat lainnya.

Para peneliti menjelaskan hal ini disebabkan oleh peningkatan paparan sinar ultraviolet (UV) dan radiasi kosmik yang berhubungan dengan ketinggian. Meskipun perusahaan pesawat kerap memantau tingkat paparan radiasi, paparan UV biasanya dianggap bukan ancaman untuk pilot.

Kendati demikian, peneliti menyatakan UV adalah faktor utama berkembangnya melanoma (sel penyebab kanker kulit). UV diketahui dapat merusak DNA sel kulit, sehingga kanker kulit dapat berkembang dalam tubuh.

Para peneliti menemukan skala ukur insiden atau Standardization Incidence Rank (SIR) dari kanker kulit bagi pilot adalah 2,21. Secara khusus, pilot memiliki SIR 2,22, yang berarti para pilot berisiko terkena melanoma lebih tinggi dari masyarakat umum.

Paparan radiasi UV pada pilot membuktikan kaca pesawat dan jendela kabin tidaklah cukup menahan radiasi UVA. Selain itu, jarak pesawat terbang komersil adalah 9.000 meter dari tanah, dan membuat tingkat UV lebih dekat.

Temuan ini, diharapkan para peneliti, dapat berimplikasi pada jaminan kesehatan perlindungan kerja.

Dalam pemberitaan Medical News Today, kematian akibat kanker kulit dialami oleh mayoritas penderita kanker di Amerika Serikat. Dari 76.100 penderita kanker kulit, sebanyak 9.710 orang dipastikan meninggal karena kanker kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement