Jumat 12 Sep 2014 19:24 WIB

Yel Yel We Love UMM Pecahkan UMM Dome

Pesmaba UMM
Pesmaba UMM

REPUBLIKA.CO.ID,

MALANG--PENUTUPAN Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tahun ini benar-benar menjadi momen tak terlupakan bagi 7.672 mahasiswa baru (maba) yang memadati UMM Dome, Kamis (11/9). Sepanjang acara, yel-yel “We Love UMM” terus menggelegar memecahkan gedung bundar ini.

Semula, di awal acara masih ada beberapa maba yang terbawa suasana Pesmaba fakultas sehingga masih meneriakkan yel-yel fakultasnya masing-masing. Namun, setelah tampilnya Rektor UMM Dr Muhadjir Effendy MAP ke atas panggung, semuanya berubah. Para maba tampak terbawa suasana saat Rektor menyanyikan lagu Sempurna karya Andra and the Backbone dan lagu Kenangan Terindah karya Samson.

Jelas saja para maba tampak begitu emosional, sebab Rektor mengganti beberapa lirik lagu tersebut dengan kata UMM. “UMM-lah darahku, UMM-lah jantungku, UMM-lah hidupku, lengkapi diriku, oh UMM-ku kau begitu, Sempurnaaa,” demikian nyanyian Rektor yang sontak diikuti seluruh maba yang hadir.

Bahkan, sebelum menyanyikannya, Rektor sempat berpuisi dengan dengan lirik lagu tersebut, “Dalam darahmu mengalir darah UMM, dalam detak jantungmu mengalun detak  UMM, dalam hidupmu terdapat nafas UMM.” Bagi Rektor, hal tersebut mengandung filosofi bahwa dengan mencintai UMM maka masa-masa di kampus ini tidak menjadi masa-masa yang memberatkan, melainkan akan menjadi momen yang penuh kenangan.

“Kuliah selama empat hingga lima tahun itu tidak mudah, jadi Anda harus bekerja keras. Jadilah mahasiswa yang gigih, tidak gampang menyerah, tetap gembira, buatlah kenangan yang indah di UMM, di kampus putih sebagai kenangan terindah,” tutur Rektor seraya melanjutkannya dengan lagu Kenangan Terindah.

Rektor lantas menutup dua lagu itu dengan peresmian peserta Pesmaba sebagai bagian dari jas merah kampus putih UMM. “Dengan berakhirnya Pesmaba, saudara-saudara telah resmi menjadi keluarga besar UMM,” ujarnya yang secara spontan diikuti yel-yel “We Love UMM” oleh seluruh maba.

Yel-yel tersebut terus berlanjut hingga berakhirnya acara, bahkan banyak di antaranya yang tak berhenti meneriakkannya setelah keluar dari UMM Dome. Momen emosional ini juga terekam di akun resmi @UMMcampus yang me-retweet kicauan maba dengan hestek #PesmabaUMM2014.

Kemeriahan acara penutupan juga didukung penampilan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta penayangan film dokumenter Pesmaba dan dua episode film Melintas Batas. Film yang disebut terakhir merupakan hasil karya tim Humas UMM yang melibatkan sejumlah sineas muda kampus putih. Film ini menceritakan tentang perjalanan anak kampung bernama Lila yang kuliah UMM dan meraih sukses karena keberaniannya melintasi keterbatasan dirinya.

Ketua Panitia Pesmaba Drs Warsono MM mengungkapkan kegembiraanya atas pelaksanaan Pesmaba tahun ini. Menurutnya, sepanjang berlangsungnya kegiatan selama empat hari, tidak ada satupun pelanggaran berat yang terjadi. “Alhamdulillah, saya melihat itikad baik dari seluruh mahasiswa baru, mereka sudah siap menjadi bagian dari kampus ini,” tandas Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMM ini.

Panitia juga memberikan penghargaan pada tiga fakultas yang menjadi penyelenggara terbaik Pesmaba tahun ini, yang diraih oleh Fakultas Kedokteran (FK) sebagai juara I dengan nilai 758, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) juara II dengan nilai 741, dan Fakultas Hukum (FH) juara III dengan nilai 731. Tiga fakultas itu berhak atas piagam dan dana pembinaan dari panitia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement