Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Inal Siap Bawa Pelita Jaya Juara NBL

Rabu 10 Sep 2014 17:33 WIB

Red: Israr Itah

Tim Pelita Jaya Energi Mega Persada

Tim Pelita Jaya Energi Mega Persada

Foto: Pelita Jaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—AF Rinaldo menerima tantangan yang diberikan manajemen Pelita Jaya Energi Mega Persada (EMP). Inal siap mengantarkan Pelita Jaya EMP menjadi juara kompetisi National Basketball League (NBL) Indonesia musim 2014/2015.

Mantan pelatih Garuda Kukar Bandung ini optimistis karena diwariskan materi pemain berkelas. Manajemen Pelita Jaya bahkan menambah lima pemain baru untuk membuat tim ini semakin kompetitif.

Pelita Jaya mendatangkan dua eks penggawa Satria Muda Britama, Faisal J Achmad dan Amin Prihantono. Pada posisi bigman, Adhi Pratama digaet dari Hangtuah IM sementara Tri Hartanto diambil dari Satya Wacana Metro LBC Bandung.

Satu pemain lagi bernama Anthony Wayne Cates Junior. Ia berasal dari AS dan dalam proses menjadi WNI. Sebab Tony, panggilannya, sudah lima tahun menetap dan menikahi perempuan Indonesia.

“Materi pemain tim ini sangat dalam, mulai dari posisi satu sampai lima. Jadi wajar kalau target musim ini juara. Tapi tentunya saya butuh dukungan semua pihak, terutama pemain, untuk bersama-sama meraih target ini,” kata Inal, sapaan Rinaldo, dalam peluncuran tim Pelita Jaya di Jakarta, Rabu (10/9).

Pada empat musim sebelumnya, Pelita Jaya selalu tampil garang di musim regular. Namun ketika berlaga di championship series, Pelita Jaya loyo. Inal mengaku sudah mengamati tren buruk tim yang sekarang di bawah asuhannya. Menurut Inal, hal paling mendasar yang ingin ia tanamkan adalah semangat juang para pemainnya.

“Saya ingin semuanya benar-benar berjuang 100 persen, meskipun dia mungkin hanya bermain beberapa menit,” tegas Inal.

Mantan pemain timnas basket Indonesia era 1990-an ini juga meminta para pemainnya untuk menanggalkan ego demi kepentingan tim. Inal menegaskan hanya menggunakan pemain yang benar-benar mau mengikuti sistem yang ia terapkan. “Kalau masih mementingkan ego ketimbang tim, siap-siap duduk di bangku cadangan,” kata dia.

Dengan materi pemain bintang, Inal mengaku tidak akan menerapkan sistem permainan yang sama seperti ketika ia memoles Garuda. Ketika di Garuda, pelatih berusia 42 tahun ini mengaku agak sulit merotasi pemain. Ia lebih banyak memotivasi para pemain mudanya untuk berani menunjukkan kemampuannya.

Di Pelita Jaya, kata dia, akan berbeda. Ia akan menggunakan sistem berbeda, namun dengan metode latihan yang hampir sama. “Di Pelita dengan pemain berpengalaman, mereka hanya perlu tahu kapan bermain cepat dan kapan bermain smart,” tutur Inal.Ketua Umum PB Pelita Jaya, Andiko Ardi Purnomo mengatakan timnya saat ini sudah cukup solid dan punya kans besar untuk menjadi juara. Ia berharap kehadiran Inal bisa mewujudkan keinginan manajemen untuk menjadi juara. 

Roster Pelita Jaya Musim 2014/2015

Kelly Purwanto (pg)

Faisal J Achmad (pg)

Andrey Mahardika (sg)

Reiner Hutasoit (sg)

Andi Poedjakesuma (sg)

Dimas Aryo Dewanto (sg)

Ary Chandra (sg)

Anthony Wayne Jr (sg)

Amin Prihantono (sf)

Francisco Yogi Da Silva (sf)

Hendru Ramli (sf)

Ponsianus Indrawan (pf)

Yudhi Mardiyansyah (pf)

Tri Hartanto (c)

Adhi Pratama (c)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA