Rabu 10 Sep 2014 09:21 WIB

Misi Perdamaian Dalam Maskot Asian Games

Rep: C65/ Red: Didi Purwadi
Maskot Asian Games 2014 Incheon (kiri-kanan) Barame, Vichuon dan Chumuro.
Foto: EPA
Maskot Asian Games 2014 Incheon (kiri-kanan) Barame, Vichuon dan Chumuro.

REPUBLIKA.CO.ID, INCHEON -- Maskot Asian Games 2014 yang terinspirasi dari spesies anjing laut perairan Incheon, Pulau Baengnyeong. Berada di lokasi paling utara Republik Korea, binatang tersebut juga kerap kali melakukan perjalanan bebasnya di antara Korea selatan dan Korea Utara.

Oleh sebab itu, Presiden Incheon Asian Games Organizing Committee (IAGOC), Lee Yun-taek berharap maskot tersebut mampu menyampaikan pesan guna mengurangi ketegangan yang selama ini terjadi antara kedua negara tersebut.

"Maskot mewakili gagasan untuk berperan dalam mempromosikan perdamaian di Asia, khususnya mengurangi ketegangan di semenanjung Korea dan mengatasi hambatan ideologis dan agama di beberapa belahan dunia," kata Lee seperti yang dilansir dari Ocasia.org.

Bukan hanya satu, maskot yang akan beraksi nanti merupakan tiga bersaudara anjing laut menggemaskan bernama Vichuon, Barame, dan Chumuro.

Vichuon yang dalam bahasa Korea berarti 'cahaya' tampil dengan kulit berwarna coklat. Kakak pertama dari trio anjing laut itu memiliki peran penting dalam harmoni dan persahabatan.

Sedangkan anjing laut kedua, yang bernama Barame, tampil dengan warna dominasi biru. Dalam bahasa Korea, Barame memiliki arti 'angin'. Tak heran bila maskot berjenis kelamin laki-laki ini digambarkan dapat bergerak dengan cepat. Barame juga melambangkan kemajuan olahraga di Kota Incheon.

Adik bungsu mereka yang juga menjadi maskot terkecil sekaligus satu-satunya perempuan ini bernama Chumuro. Chumuro tampil cantik dengan warna kulit merah mudanya, perilakunya yang ceria dan bersemangat sesuai dengan arti dari namanya itu.

Chumuro yang dalam bahasa Korea berarti 'tari' (chum) mendapat tugas untuk mempromosikan kebudayaan Korea ke dunia internasional.

Trio Anjing laut itu akan memulai tugasnya dalam perhelatan olahraga akbar se-Asia yang akan diikuti 45 negara pada 19 September mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement