Senin 08 Sep 2014 12:00 WIB

Anggota Polres Jalani Tes Psikologi Kepemilikan Senpi

Red:

SUKABUMI –– Ratusan personel Polres Sukabumi Kota mengikuti tes psikologi kepemilikan senjata api (senpi). Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengetahui kelayakan anggota kepolisian dalam memegang senjata.

Kepala Bagian Sumber Daya (Sumda) Polres Sukabumi Kota Kompol Gatot Satrio Utomo mengatakan, sebanyak 422 anggota menjalani tes ini. Mereka adalah anggota yang akan memperpanjang kepemilikan senpi dan yang baru akan memegang senpi. "Anggota yang akan memperpenjang kepemilikan senpi harus ikut tes," ujar Gatot, akhir pekan lalu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:SYAIFUL ARIF/ANTARA

Pemeriksaan senjata api personel kepolisian Polre.

Pengawasan dalam pemakaian senpi oleh anggota kepolisian sangat lah penting. Ketua Tim Psikologi Polda Jabar AKP Liberty Adi mengatakan, pihaknya perlu melihat dan mengawasi pemakaian senpi oleh anggota polres. Hal ini terkait kondisi psikologis manusia yang mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Tes ini perlu dijalani anggota kepolisian untuk melihat kelayakannya dalam memegang senpi. Hal ini bertujuan agar pemegang senpi tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Seperti di ketahui, beberapa waktu kemarin banyak laporan anggota kepolisian yang menyalahgunakan kepemilikan senpi, termasuk melukai diri sendiri.

Liberty mengatakan, ada sejumlah aspek yang perlu diperhatikan dalam tes psikologi bagi anggota polisi tersebut, yaitu seperti kepribadian, kecerdasan, dan sikap kerja. Hasil dari tes ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi tim di Polda Jabar dalam menentukan apakah anggota tersebut layak memegang senpi atau tidak. Hasil tes psikologi tersebut akan selesai dalam waktu dua pekan mendatang.

Tes psikologi kepemilikan senpi juga telah dilakukan oleh personel Polres Cianjur, Rabu (3/9). Terdapat 150 anggota Polres Cianjur yang mengikuti tes psikologi.

Kasubag Humas Polres Cianjur AKP Syafril Lubis kepada wartawan menerangkan, pelaksanaan tes dilakukan untuk melihat kondisi psikologi anggota kepolisian. Tes ini khususnya melihat kelayakan anggota polres dalam menggunakan senpi di lapangan.

Peserta tes psikologi berasal dari lingkungan polres dan polsek di Kabupaten Cianjur. Hasil tes psikologi tersebut diserahkan kepada tim Polda Jabar untuk menentukan kelayakan kepemilikan senpi. rep:riga nurul iman ed: friska yolandha

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement