Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Kiai yang tak Merasa Berumur 70 Tahun

Ahad 07 Sep 2014 10:03 WIB

Red: Indah Wulandari

KH. Mustofa Bisri (Gus Mus) membacakan karya puisi dan pidato budayanya diiringi permainan piano oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

KH. Mustofa Bisri (Gus Mus) membacakan karya puisi dan pidato budayanya diiringi permainan piano oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Foto: Republika/Rakhmawaty

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Menapaki usia ke-70 tahun, Rais 'Aam PBNU KH Mustofa Bisri yang akrab disapa Gus Mus akhirnya bisa mencicipi rasanya berulang tahun.

"Seumur-umur saya tidak pernah diulangtahuni, sekarang 70 tahun justru diulangtahuni, ini terlalu mewah. Sepertinya ini ulang tahun saya yang pertama karena sebelumnya tak pernah dirayakan. Jadi saya tak merasa berusia 70, " ungkap Gus Mus dalam kegiatan bertajuk 'Selamatan 70 Tahun Gus Mus: Kemanusiaan, Kebangsaan, Pluralisme' di Ruang Balairung, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (6/9) malam.

Kemeriahan nampak dari kedatangan ratusan orang untuk ikut merayakan ulang tahun Gus Mus  yang menetap di Kabupaten Rembang tersebut. Gus Mus hadir lengkap bersama istri dan keluarga besarnya. Dia terlihat ceria dan tetap energik dengan ikut langsung menyambut hadirin.

Tampak hadir pada acara semalam beberapa menteri, seperti Mari Elka Pangestu, Lukman Hakim, dan juga Muhaimin Iskandar. Hadir pula Gubernur Ganjar Pranowo. Selain itu, beberapa budayawan juga datang seperti Goenawan Mohamad, Sujiwo Tedjo, Ahmad Tohari, Radar Panca Dahana, dan lainnya.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj yang didaulat memberikan sambutan secara lugas mengomentari sosok Gus Mus. "Gus Mus luar biasa, titik!" katanya.

Kang Said, demikian KH Said disapa di kesehariannya, melanjutkan sambutan dengan hanya memimpin doa bersama seluruh tamu undangan sebagai ungkapan syukur atas kebahagiaan yang dirasakan Gus Mus.

Selamatan 70 Tahun Gus Mus diawali dengan pameran lukisan sang Kiai, yang selanjutnya akan dirangkai dengan pembacaan puisi dan penampilan berbagai kesenian pada malam ini.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA