Sabtu 06 Sep 2014 16:20 WIB

Menuju Asian Games

Red: operator

Para atlet diminta menjaga kondisi agar tak jatuh sakit dan cedera.

Setelah gagal meraih gelar juara di Kejua raan Dunia (BWF World Champion ships) 2014 awal pekan ini, para pebulu tangkis Indonesia segera bersiap menuju Asian Games 2014. Para atlet tak punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri menjelang multieventnegara-negara se-Asia tersebut karena hanya dalam kurun dua pekan lagi, Asian Games akan digelar di Incheon, Korea Selatan (Korsel).

Meskipun gagal meraih target pada Kejuaraan Dunia 2014, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memberikan apresiasi untuk para pemain yang telah bertanding. Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan secara khusus memberikan selamat kepada pemain tunggal putra Tommy Sugiarto yang sanggup mempersembahkan medali perunggu.

`'Selamat kepada Tommy atas keberhasilannya memenuhi target medali perunggu BWF World Championships 2014. Buat pemain yang lain, jangan putus asa karena saya yakin semua sudah berusaha maksimal, namun belum bisa meraih hasil seperti yang kita harapkan. Tetap semangat dan kembali giat berlatih untuk mempersiapkan diri menjelang Asian Games 2014,'' kata Gita dilansir situs resmi PP PBSI tengah pekan ini.

Ke depan, kata Gita, pihaknya akan mengevaluasi penam pilan para atlet dan memperbaiki kekurangan yang ada.`'Ini untuk mencapai target yang ditetapkan PBSI kepada masing-masing pemain,'' ucapnya.

Menurut Manajer Tim Kejuaraan Dunia 2014 Lius Pongoh, penampilan para pemain di Kejuaran Dunia terbilang cukup baik meski beberapa pemain belum dapat memenuhi target. Namun, para pemain dianggap telah memetik pelajaran lewat turnamen ini, serta mengetahui perkembangan lawan yang tak jauh ber beda dengan lawan di Asian Games nanti.

"Kejuaraan Dunia 2014 adalah ajang uji coba terakhir sebelum Asian Games 2014.

Lawannya juga tidak jauh berbeda, itu-itu saja. Hanya minus pemain Eropa. Dengan mengikuti kejuaraan ini, maka pemain jadi lebih tahu mau main seperti apa saat menghadapi lawan," ujar Lius seperti dilansir laman resmi PP PBSI.

Sepulangnya ke Pelatnas Cipayung, para atlet diminta untuk mempersiapkan diri dan menjaga kondisi sebaikbaiknya agar tidak jatuh sakit, apalagi cedera mrnjelang keberangkat an ke Korsel. Para pemain yang tergabung di tim inti Asian Games juga bakal absen di turnamen YonexSunrise Indonesian Masters Grand Prix Gold 2014 di Palembang, Sumatra Selatan, 9-14 September. "Da lam kurun dua minggu, teknik tak bisa diapa-apakan lagi. Fisik pun demikian, tidak bisa ditingkatkan secara signifikan. Yang dapat dilakukan atlet ada lah menjaga kondisi agar jangan sampai sakit atau cedera sehingga kondisi fit saat berangkat ke Korsel," ujar Lius menjelaskan.

Asian Games 2014 akan berlangsung pada 19-29 September 2014. Sebanyak dua medali emas dari nomor ganda campuran dan ganda putra ditetapkan sebagai target Indonesia. Tim bulu tangkis Indonesia mengirim sebanyak 19 pemain ke ajang beregu dan perseorangan ini. rep:c65, ed:endro yuwanto

DAFTAR PEBULU TANGKIS INDONESIA DI ASIAN GAMES 2014

Tim Putra

Tommy Sugiarto, Simon Santoso, Ihsan Maulana Mustofa, Hendra Setiawan, Mohammad

Ahsan, Angga Pratama, Rian Agung Saputro, Tontowi Ahmad, Praveen Jordan.

Tim Putri

Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty, Hanna Ramadini, Greysia Polii, Nitya Krishinda

Maheswari, Suci Rizki Andini, Tiara Rosalia Nuraidah, Liliyana Natsir, Debby Susanto

Pelatih

Hendry Saputra, Marlev Mainaky, Herry Iman Pierngadi, Eng Hian, Richard Mainaky

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement