Jumat 05 Sep 2014 11:00 WIB

Setelah Nge-Gym Otot Perlu Diperbaiki Lho... (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Gym
Foto: Reuters
Gym

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin menghabiskan waktu rutin di gym untuk berolah raga demi memperkuat otot. Namun, Anda perlu menginduksi kerusakan otot selama sesi latihan, sehingga serat-serat tubuh Anda lebih cepat memperbaiki sistemnya.

Lupakan ibuprofen, karena itu tidak terbukti efektif. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibuprofen mungkin bisa mengurangi kemampuan otot Anda untuk melakukan perbaikan.

ROLers, berikut adalah beberapa cara yang telah terbukti efisien mempercepat dan mengurangi rasa sakit otot Anda, dilansir dari the Fashion Spot, Jumat (5/9).

4. Protein dan karbohidrat

Makanan kaya protein menyediakan asam amino yang penting untuk proses pembentukan otot, sedangkan karbohidrat menyediakan bahan bakar untuk tubuh Anda. Jangan lupa, memperbaiki otot yang rusak membutuhkan banyak energi. Jadi, bahan bakar berupa campuran protein dan karbohidrat sangat dibutuhkan usai latihan.

5. Foam rolling

Foam rolling bisa menyingkirkan otot tegang sambil meningkatkan aliran darah ke otot Anda. Penelitian menunjukkan bahwa otot-otot Anda mengeras setiap 20 menit dan ini bisa menjadi alat pemulihan yang efektif.

6. Garam epsom

Garam epsom membantu meringankan nyeri otot bila dikombinasikan dengan air panas, karena mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi karena mineral garam itu dengan cepat dan efektif diserap melalui kulit. Cukup tuangkan 1-2 cangkir garam epsom ke dalam air panas ke dalam bak kamar mandi Anda. Anda jua bisa menambahkan minyak esensial dan bersantai dengan cara berendam selama 20 menit.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement