Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Penghancuran Makam Rasulullah

Soal Makam Rasulullah, The Independent Klaim Beritanya Eksklusif

Kamis 04 Sep 2014 13:18 WIB

Rep: mgrol25/ Red: Joko Sadewo

Makam Rasulullah.   (Republika/Agung Sasongko)

Makam Rasulullah. (Republika/Agung Sasongko)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Deputi managing editor The Independent, Will Gore, menanggapi tuduhan pencurian berita koran Arab Saudi. Will Gore menyatakan tidak mengetahui berita pemindahan makam Rasulullah yang dibuat Koran lokal Arab Saudi pada 25 Juli.

Will Gore mengklaim berita yang dibuat oleh The Independent dibuat dengan eksklusif. ”Kami mendapat berita ini dari Dr Irfan Al Alawi, yang juga membaca hasil studi Dr Ali bin Abdulaziz,” kata Gore pada Al Arabiya. Ia juga mengatakan banyak situs di Inggris yang juga memberitakan laporan tersebut.

Surat kabar The Independent, Senin (2/9) yang memberitakan tentang rencana pemindahan makam Rasulullah Muhammad SAW, media di Makkah akhirnya mengeluarkan klarifikasi.

Salah satu koran lokal Arab Saudi menyebut bahwa The Independent telah salah menafsirkan berita mereka. Wakil Editor koran Arab Saudi, Mowafaq Al Nowaysar, menyatakan konten asli berita tersebut, adalah mengenai rencana untuk mengisolasi makam rosul agar tidak sampai hancur dan rusak. Sayangnya, The Independent salah paham dan mengira makam rosul akan dipindahkan ke Al Baqi.

Karena kesalahpahaman ini, Al Nowaysar menyebut The Independent sebagai pencuri berita korannya. “Padahal, saya akan senang jika mereka mengizinkan saya untuk menerjemahkan berita tersebut dengan lebih akurat,” kata Omar Al Mudhawi.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA